Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Video Viral Biaya Servis Mercy G-Class Tembus Rp 90 Jutaan, Ganti Kampas Rem Saja Rp 18 Juta

Kompas.com - 10/03/2021, 12:31 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Servis kendaraan menjadi kegiatan yang lumrah dilakukan bagi pemilik mobil. Namun, bagaimana jika sekali servis mengeluarkan biaya setara dengan harga LCGC baru?

Seperti salah satu video yang sedang viral di jagat maya. Pada video singkat yang dilansir dari Instagram @indocarstuff, Selasa (9/3/2021), terlihat biaya servis besar Mercedes-Benz G-Class yang mencapai lebih dari Rp 94,5 juta.

Baca juga: Yamaha Lexi Bekas Tahun 2018 Cuma Rp 11 Jutaan

Dalam rekaman tersebut juga dirincikan biayanya, mulai dari ganti kampas rem Rp 18 juta serta ganti brake disk depan Rp 69 juta.

Hingga saat ditotalkan semua biaya servis mobil tersebut mencapai Rp 94,5 juta.

Pada keterangan unggahan tersebut juga dijelaskan jika brake disk belakang turut diganti bisa menghabiskan dana lebih dari Rp 140 juta.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by SEMUA TENTANG MOBIL INDO ???????? (@indocarstuff)

Menanggapi hal tersebut, Public Relations Department Manager Mercedes-Benz Indonesia Dennis Kadaruskan mengatakan, melihat kondisi yang digambarkan bisa dipastikan mobil tersebut bukan kendaraan yang dijual melalui diler resmi Mercedes-Benz Indonesia.

Dengan kata lain, mobil tersebut bisa saja didapatkan dari importir umum atau jaringan diler non-resmi yang tidak dilengkapi dengan paket ISP (Integrated Service Package).

Baca juga: Catat, Ini Tempat dan Waktu Uji Emisi Motor Gratis

“Mercedes-Benz selalu menjamin kenyamanan bagi konsumen untuk pembelian kendaraan di diler resmi dengan memberikan ISP (Integrated Service Package) selama tiga tahun. Termasuk garansi, servis, dan biaya perawatan yang mencangkup penggantian oli, penggantian kampas rem, busi, dan lain sebagainya,” ujar Dennis kepada Kompas.com, Rabu (10/3/2021).

Salah satu ikon, Mercedes-Benz G-Class, akan mendapat ubahan signifikan.Mercedes-Benz Salah satu ikon, Mercedes-Benz G-Class, akan mendapat ubahan signifikan.

Harga yang wajar

Menurut Dennis, biaya servis tersebut merupakan hal yang wajar, mengingat harga mobil Mercedes-Benz G-Class sendiri dibanderol dengan kisaran Rp 5,6 miliar, serta dibekali dengan performa yang tinggi.

Melihat biaya servis Mercedes-Benz G-Class yang fantastis tersebut, warganet pun turut berkomentar.

Baca juga: Tinggal Kenangan, Simak Kilas Balik Perjalanan Honda Jazz di Indonesia

“Kelihatan dari harga mobilnya. Kalau mampu beli mobilnya ya harus mampu perawatannya,” tulis salah satu warganet mengomentari video tersebut.

“Ganti kampas rem Rp 200.000 saja mikir-mikir, ini lagi Rp 18 juta,” tulis warganet lainnya.

"Buat kaum mendang-mending, mari mundur teratur," kata warganet lainnya.

Mercy G-Glass memang menjadi SUV incaran buat sebagian kaum jet set. Mobil asal Jerman ini juga kerap menjadi mobil andalan Presiden RI Joko Widodo bila bepergian menggunakan kendaraan darat.

Seperti ketika Jokowi meresmikan Bendungan Napun Gete di Desa Ilin Medo, Kecamatan Waiblama, Kabupaten Sikka, Nusa Tenggara Timur (NTT), Februari lalu.

G-Class warna hitam yang ditumpangi Jokowi adalah G 350d produksi 2018-2019.

Selain itu, salah satu dari iring-iringan mobil Paspampres yang mengawal Jokowi juga ada Mercedes-Benz G-Class.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com