Piston Honda PCX 160 Bermasalah Dibawa ke AHASS, Langsung Ganti Baru

Kompas.com - 10/03/2021, 08:02 WIB
Test ride Honda PCX 160 Foto: AHMTest ride Honda PCX 160

JAKARTA, KOMPAS.com - Generasi terbaru dari Honda All New PCX alias PCX 160 sudah resmi dipasarkan. Beberapa unitnya juga sudah sampai ke tangan konsumen.

Namun, dari beberapa forum di media sosial, diketahui sebagian pengguna skuter matik (skutik) ini memiliki beberapa keluhan, mulai dari suara CVT yang kasar, hingga piston yang seret.

Baca juga: Ulasan Lengkap Tes Honda PCX 160, Beda Jauh dengan PCX 150?

Untuk keluhan yang terakhir, dialami oleh Gustav Rudolf asal Cibinong. Dia menceritakan pengalamannya ketika PCX 160 yang dikendarainya mengalami masalah di tengah jalan.

Honda PCX 160 yang bermasalah di bagian pistonnya sedang diperbaikiDok. Gustav Rudolf Honda PCX 160 yang bermasalah di bagian pistonnya sedang diperbaiki

"Saya berangkat dari rumah Cibinong pergi ke kantor, baru berjalan sekitar 10 menit motor mendadak ngempos enggak ada tenaga, hanya bisa berjalan maksimal 60 Kpj dan ahirnya mati," tulis Gustav, pada grup Facebook, belum lama ini.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Gustav menambahkan, motor langsung diangkut ke AHASS. Indikasi awal, masalah di throttle body, karena AHASS saat itu belum punya konektor untuk ECU PCX baru yang berjumlah enam pin.

Baca juga: Bahas Perbedaan Suspensi Belakang Honda PCX 160 dengan Versi Lawas

"Hari Senin (8/3/2021) pagi, saya dikabarkan mesin sudah bisa on dengan me-reset ECU. Tapi, mesin mengeluarkan asap oli dari selang hawa," kata Gustav.

Setelah itu, lanjut Gustav, mesin langsung dibongkar dan didapati pistonnya macet. Tanpa basa-basi, dirinya minta penggantian unit dan akhirnya dipenuhi oleh pihak diler dan AHASS.

Honda PCX 160 yang bermasalah di bagian pistonnya sedang diperbaikiDok. Gustav Rudolf Honda PCX 160 yang bermasalah di bagian pistonnya sedang diperbaiki

GM Corporate Communication PT Astra Honda Motor (AHM) Ahmad Muhibbuddin, turut menanggapi masalah tersebut. Menurut dia, perlu dicek dan analisa kondisi unit yang dikeluhkan konsumen dengan seksama.

Baca juga: Usai PCX, Honda Siapkan Vario 160?


"Setiap keluhan konsumen bisa jadi membutuhkan penanganan yang berbeda. Karena itu, kami sarankan konsumen segera mendatangi bengkel AHASS terdekat agar tim mekanik kami bisa segera menganalisa kondisi motor tersebut," ujar Muhibbuddin, saat dihubungi Kompas.com, Selasa (9/3/2021).

Setelah dianalisa, Muhibbuddin menambahkan, pihaknya baru dapat memutuskan langkah ataupun perbaikan yang paling tepat agar konsumen dapat menggunakan kembali sepeda motornya dengan nyaman.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X