Penumpang Social Distancing Bus Bisa Lebih Banyak daripada Model Biasa

Kompas.com - 10/02/2021, 18:01 WIB
Kabin bus AKAP PO Sumber Alam Karoseri LaksanaKabin bus AKAP PO Sumber Alam

JAKARTA, KOMPAS.comBus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Indonesia mejadi salah satu perusahaan yang berjuang untuk bertahan di masa Pandemi Covid-19. Bahkan sempat beberapa waktu lalu, bus AKAP tidak boleh beroperasi.

Selain itu, okupansi penumpangnya juga terus berkurang. Hal ini yang membuat operator dan karoseri berpikir keras untuk meningkatkan okupansinya. Salah satu inovasi yang hadir di kala pandemi yaitu Social Distancing Bus.

Perbedaan dengan bus biasa, Social Distancing Bus memiliki susunan kursi 1-1-1. Oleh karena itu, antar penumpang jadi saling berjarak, sehingga mengurangi risiko penyebaran Covid-19 di bus. Sudah ada beberapa PO bus yang menerapkan susunan kursi ini.

Baca juga: Catat, Ini Mekanisme Klaim Kerugian di Jalan Tol Jasa Marga

Kabin bus AKAP PO BorlindoGerry Adrian/New Armada Jatibaru Kabin bus AKAP PO Borlindo

Ismuyoko, Staf Operasional PO Putera Mulya mengatakan, sudah ada empat armada PO Putera Mulya yang memakai susunan kursi ini. Selain itu penumpang juga banyak yang mencari unit dengan susunan kursi ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sekarang yang dicari penumpang unit yang physical distancing. Untuk okupansinya sendiri rata-rata 70 persen,” ucap Ismuyoko kepada Kompas.com, Rabu (10/2/2021).

Baca juga: Jangan Sampai Makhluk Ini Betah Bersarang di Kabin Mobil

Jika dibandingkan dengan susunan kursi yang biasa, okupansinya 20 persen lebih rendah, atau sekitar 50 persen saja. Begitu juga yang dialami oleh PO Sumber Alam sebagai pelopor social distancing bus.

“Secara statistik iya, social distancing bus okupansinya lebih banyak dari yang biasa,” ucap Anthony Steven Hambali, pemilik PO Sumber Alam kepada Kompas.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.