Tren Modifikasinya Meningkat, Ini Pilihan Pelek ala JDM

Kompas.com - 10/02/2021, 14:44 WIB
Modifikasi Mobil Indonesia Modification Expo (IMX) 2020 KOMPAS.com/RulyModifikasi Mobil Indonesia Modification Expo (IMX) 2020

JAKARTA, KOMPAS.com - Dewasa ini aliran aliran modifikasi kendaraan bermotor Japan Domestic Market (JDM) di dalam negeri masih bertahan. Bahkan, pada beberapa wilayah tengah mengalami perkembangan positif.

Sebab, gaya modifikasi tersebut cukup sederhana, fleksibel, serta aman dan nyaman untuk digunakan harian. Komponen terkait pun cenderung mudah diperoleh seiring banyaknya referensi.

"Modifikasi gaya JDM juga kami perkirakan akan semakin merebak pada tahun ini meski ada yang dicampur-campur seperti dengan stance," papar pendiri National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) Andre Mulyadi kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Begini Cara Aman Berkendara Hindari Jalan Ambles

Macam-macam pelek mobilKOMPAS.com/Aprida Mega Nanda Macam-macam pelek mobil

Apalagi, lanjut dia, pandemi virus corona masih membayangi sehingga membuat terbatasnya aktivitas masyarakat. Sehingga, banyak pecinta roda empat yang melaksanakan modifikasi mandiri di rumah.

"Paling mudah untuk melakukan modifikasi di rumah itu seperti ganti velg dan menambah komponen tertentu yang bersifat plug-and-play. Tentu saja, referensinya mengarah ke JDM, dibuat jadi sporty," katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sejalan dengan tren tersebut, merek pelek asli Indonesia, HSR Wheels, turut menghadirkan pelek bergaya JDM yang termasuk di dalam Boroko Series.

Boroko Series ini memiliki 9 produk yang masuk ke dalam aliran JDM. Diantaranya adalah HSR Gymkana, HSR Hyura, HSR Keunikai, HSR Boon, HSR Sebunsuta, HSR Indy, HSR Daimon, HSR Tikala, dan HSR Sirius.

Baca juga: Puncak Kepadatan Lalin Jelang Libur Imlek Diprediksi Besok Sore

Ilustrasi memilih pelek mobil bekasDok. Otomotif Group Ilustrasi memilih pelek mobil bekas

Marketing Director HSR Wheel, Hendra Wijaya berharap, hadirnya HSR Boroko Series ini mampu membawa nuansa baru pada kalangan modifikator mobil di Indonesia dimana khususnya bagi pecinta JDM.

“Kita bersama Tim R&D HSR Wheel memikirkan matang-matang desain dari masing-masing velg pada Boroko Series ini. Mulai dari segi ketahanan, bentuk, hingga konsep. Semuanya dibuat dengan matang demi mendapatkan hasil maksima," ujar Hendra dalam keterangannya.

Secara rinci, HSR Gymkana dibuat menggunakan inspirasi ajang balap Gymkahana sehingga pelek-nya ringan dan kokoh. Sementara HSR Hyura didesain dengan 10 palang yang berbentuk seperti capit kepiting.

Baca juga: Mengenal Apa Itu Propeller Shaft pada Transmisi Mobil

Ketiga, HSR Keunikai yang terinspirasi dari hewan laut bernama bintang laut, bintang laut dipilih karena merupakan hewan kuat dan juga berumur panjang walaupun memiliki habitat yang cukup ekstrim.

"HSR Boon punya bentuk palang seperti salju snowflakes, HSR Indy punya desain palang 10, HSR Sebunsuta dengan 7 palang, HSR Daimon yang terinspirasi dari berlian, dan HSR Tikala yang diambil dari nama daerah di Manado," papar Hendra.

"Terakhir, HSR Sirius yang terinspirasi dari nama sebuah bintang yang paling terang di malam hari," tambah dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.