Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemain Baru Bus AKAP Jakarta-Malang, Pakai Kursi Leg Rest Lipat

Kompas.com - 09/02/2021, 07:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) dengan trayek Jakarta - Malang, kini bertambah satu pilihan, yaitu PO 27 Trans Java. PO ini sebelumnya merupakan PO Pariwisata yang kini merambah ke bus AKAP.

Untuk saat ini, PO 27 Trans Java menawarkan dua kelas layanan, President Class Malang – Poris PP dan Executive Class Malang – Cileungsi PP. Saat ini yang sudah beroperasi baru President Class.

Kendaraan operasional yang digunakan memakai bodi Jetbus 3+ SHD buatan karoseri Adiputro. Soal layanan, President Class bisa dibilang setara dengan kelas Super Executive yang memakai susunan kursi dua di kanan dan satu di kiri (2-1) dengan total 19 seat.

Baca juga: Susul PCX 160, Honda Forza Pakai Bodi Baru

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by 27trans (@27trans)

 

Spesialnya, kursi yang digunakan adalah produk terbaru dari Hai Rimba Kencana, yakni kursi dengan leg rest lipat. Dengan kursi super besar, lalu leg rest lipat yang menopang kaki secara penuh, penumpang menjadi sangat nyaman selama perjalanan.

Selain itu, fasilitas yang didapatkan penumpang jika naik dari Malang ke Jakarta juga melimpah. Misalnya penumpang mendapatkan rice box, snack ditambah servis makan satu kali saat beristirahat di Ngawi.

Sedangkan kalau naik dari Jakarta menuju Malang, penumpang tidak mendapatkan rice box namun snacknya berbeda, ada tambahan.

Baca juga: Pilihan Sedan Bekas Harga Rp 70 Jutaan, Bisa Dapat Camry, BMW dan Mercy

Kemudian ketika dalam perjalanan, penumpang juga boleh menyeduh kopi atau teh gratis dan bisa tambah. Tidak sampai di situ, penumpang juga mendapatkan mie instan dalam cup gratis dan bisa tambah sepuasnya.

Ferry, Bagian Operasional dari PO 27 Trans Java mengatakan, saat ini tarif yang diberlakukan masih promo. Untuk President Class dari Malang ke Poris dibanderol Rp 350.000. Sedangkan dari Poris ke arah Jawa Timur ada dua tarif.

“Poris – Surabaya Rp 340.000, Poris – Malang Rp 360.000. Sedangkan kalau tarif normal President Class yakni Rp 410.000,” ucap Ferry kepada Kompas.com, Senin (8/2/2021).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by 27trans (@27trans)

Sedangkan untuk Executive Class, diisi total 26 seat dengan susunan 2-2. Perbedaan fasilitas yaitu tidak adanya rice box. Selain itu, kelas layanan ini rencananya akan mulai beroperasi pada 10 Februari 2021.

“Promo untuk tarif Executive Class Cileungsi – Malang PP yaitu Rp 330.000, sedangkan tarif normalnya nanti adalah Rp 380.000,” kata Ferry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com