Jalur Ambles, Astra Tol Cipali Mulai Pembuatan Jalan Sementara

Kompas.com - 10/02/2021, 16:51 WIB
Astra Tol Cipali mulai perkerjaan pembuatan jalan sementara ASTRA TOL CIPALIAstra Tol Cipali mulai perkerjaan pembuatan jalan sementara

JAKARTA, KOMPAS.com - Astra Tol Cipali selaku pengelola Jalan Tol Cikopo-Palimanan, resmi memulai perkerjaan pembuatan jalan sementara untuk mengatasi keretakan yang terjadi di Km 122 arah Jakarta.

Direktur Operasi Astra Tol Cipali Agung Prasetyo mengatakan, pekerjaan pembuatan jalan sementara dilakukan sepanjang 200 meter di median agar lalu lintas dapat kembali normal.

"Mulai hari ini kami sudah melakukan pekerjaan untuk pembuatan jalan agar lalu lintas dapat normal kembali. Pekerjaan ini akan memakan waktu 10 hari ke depan," ucap Agung dalam keterangan resminya, Rabu (10/2/2021).

Baca juga: Jalur Ambles, Astra Tol Cipali Siapkan Lajur Sementara di Median Jalan

Namun demikian, Agung menjelaskan mulai Kamis (11/2/2021), rekayasa lalu lintas berupa contraflow akan diperpendek dari sebelumnya menjadi 1 km. Hal tersebut bertujuan agar lalu lintas lebih lancar.

Astra Tol Cipali mulai pekerjaan jalan sementaranASTRA TOL CIPALI Astra Tol Cipali mulai pekerjaan jalan sementaran

Lebih lanjut Agung menjelaskan bila untuk pekerjaan penanganan keretakan tanah di KM 122 arah Jakarta, saat ini masih berkoordinasi dengan Bima Marga Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat.

Proses pengerjaannya sendiri, diperkirakan bakal memakan waktu kurang lebih selama satu bulan setengah.

Baca juga: Jalan Tol Cipali Ambles hingga Contraflow, Begini Etika Contraflow

Sementara untuk kondisi lalu lintas, terpantau ramai lancar. Walau ada kepadatan mulai Km 126 sampai Km 117, hal tersebut lantaran pemberlakukan contraflow sejak terjadinya keretakan tanah di Km 122 pada 9 Februari 2021 lalu.

Sementara untuk penanganan permanen lebih lanjut, lokasi jalan yang longsor akan ditutup selama 1,5 bulan sebagai langkah penanganan keempat.
Kementerian PUPR Sementara untuk penanganan permanen lebih lanjut, lokasi jalan yang longsor akan ditutup selama 1,5 bulan sebagai langkah penanganan keempat.

"Astra Tol Cipali memohon maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan pengguna jalan. Diimbau kepada pengguna untuk tetap waspada dan hati-hati dalam berkendara, khususnya saat hujan, kecepatan kendaraan maksimum 70 kpj," ucap Agung.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X