Memasuki Musim Penghujan, Cek Lagi Wiper Belakang

Kompas.com - 27/09/2020, 14:01 WIB
All New Toyota Fortuner VRZ 4X4 menjajal medan offload di kaki Gunung Merapi, Sleman, DIY, Rabu (29/5/2019). KOMPAS.COM/KRISTIANTO PURNOMOAll New Toyota Fortuner VRZ 4X4 menjajal medan offload di kaki Gunung Merapi, Sleman, DIY, Rabu (29/5/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai aspek pada mobil patut diperhatikan dan dipersiapkan untuk menyambut musim penghujan di Tanah Air. Hal ini dilakukan agar kendaraan selalu dalam keadaan prima ketika hendak digunakan.

Dalam keterangan tertulisnya, Aftersales Division Head Auto2000 Ricky Martawijaya menyatakan bahwa persiapan tersebut tidak sukar untuk dilakukan oleh pemilik karena cukup sederhana.

"Pertama adalah periksa karet wiper. Sederhana saja, tapi kalau sampai ini bermasalah akan mengganggu penglihatan saat digunakan sehingga sangat berbahaya," katanya, Minggu (27/9/2020).

Baca juga: DnZ Wheels, Pelek Buatan Indonesia Berkualitas Internasional

Ilustrasi servis di Bengkel Auto2000Auto2000 Ilustrasi servis di Bengkel Auto2000

Bagi pemilik mobil keluarga seperti Toyota Avanza dan Toyota Sienta, lanjut Ricky, patut juga untuk melakukan pengecekkan pada wiper belakang. Pasalnya, bagian itu sering terlewatkan alhasil membuat permasalahan tersendiri di kemudian hari.

"Periksa juga air pembersih kaca dan jangan sampai kosong karena akan menyulitkan saat kaca kotor," ujar Ricky lagi.

Kemudian perhatikan seluruh lampu, mulai dari lampu utama, sein, lampu kabut, hingga lampu belakang, agar tidak ada yang mati. Jika ada yang bermasalah, segera hubungi diler resmi langganan atau terdekat.

Saat hujan turun, sistem kelistrikan mobil akan bekerja keras karena seluruh perangkat listrik aktif beroperasi. Maka, cek kondisi aki mobil menjadi penting, apakah masih layak pakai atau tidak.

Baca juga: Mengemudi Sambil Main Ponsel Sama Seperti Berkendara Menutup Mata

Ilustrasi aquaplaningwww.reifen.de Ilustrasi aquaplaning

"Potensi kecelakaan sangat besar ketika ban mobil tidak dalam kondisi prima. Perhatikan tingkat keausan telapak ban dengan berpedoman pada Tire Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban mobil," ujarnya.

"Tingkat keausan ban yang tidak merata menandakan ada masalah di kaki-kaki mobil. Periksa pula tekanan angin ban supaya sesuai dengan standarnya. Sembari itu, tidak ada salahnya memeriksa sistem kemudi dan suspensi agar mobil dapat melaju dengan baik di genangan air," tambah Ricky.

Jangan lupakan rem mobil. Kondisi jalan yang licin membuat rem mobil bekerja lebih keras. Pastikan rem berfungsi baik dengan memeriksa kampas rem dan mengisi tabung minyak rem sesuai takaran.

Adapun untuk memastikan kenyamanan berkemudi tetap terjaga, jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan terhadap AC. Pastikan fitur ini berfungsi baik dan dingin. Embusan AC yang tidak dingin akan membuat kaca depan mobil berembun dan mengganggu visibilitas.

Baca juga: PSBB Diperpanjang, Mobil Parkir Lama Apa Perlu Cabut Aki?

Ilustrasi teknisi Auto2000 Ilustrasi teknisi Auto2000

Dalam upaya mempersiapkan kondisi mobil menyambut musim penghujan, Auto2000 juga menggelar suatu program yang dapat dinikmati lewat Auto2000 Digiroom.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X