Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Memasuki Musim Penghujan, Cek Lagi Wiper Belakang

JAKARTA, KOMPAS.com - Berbagai aspek pada mobil patut diperhatikan dan dipersiapkan untuk menyambut musim penghujan di Tanah Air. Hal ini dilakukan agar kendaraan selalu dalam keadaan prima ketika hendak digunakan.

Dalam keterangan tertulisnya, Aftersales Division Head Auto2000 Ricky Martawijaya menyatakan bahwa persiapan tersebut tidak sukar untuk dilakukan oleh pemilik karena cukup sederhana.

"Pertama adalah periksa karet wiper. Sederhana saja, tapi kalau sampai ini bermasalah akan mengganggu penglihatan saat digunakan sehingga sangat berbahaya," katanya, Minggu (27/9/2020).

Bagi pemilik mobil keluarga seperti Toyota Avanza dan Toyota Sienta, lanjut Ricky, patut juga untuk melakukan pengecekkan pada wiper belakang. Pasalnya, bagian itu sering terlewatkan alhasil membuat permasalahan tersendiri di kemudian hari.

"Periksa juga air pembersih kaca dan jangan sampai kosong karena akan menyulitkan saat kaca kotor," ujar Ricky lagi.

Kemudian perhatikan seluruh lampu, mulai dari lampu utama, sein, lampu kabut, hingga lampu belakang, agar tidak ada yang mati. Jika ada yang bermasalah, segera hubungi diler resmi langganan atau terdekat.

Saat hujan turun, sistem kelistrikan mobil akan bekerja keras karena seluruh perangkat listrik aktif beroperasi. Maka, cek kondisi aki mobil menjadi penting, apakah masih layak pakai atau tidak.

"Potensi kecelakaan sangat besar ketika ban mobil tidak dalam kondisi prima. Perhatikan tingkat keausan telapak ban dengan berpedoman pada Tire Wear Indicator (TWI) yang ada di alur ban mobil," ujarnya.

"Tingkat keausan ban yang tidak merata menandakan ada masalah di kaki-kaki mobil. Periksa pula tekanan angin ban supaya sesuai dengan standarnya. Sembari itu, tidak ada salahnya memeriksa sistem kemudi dan suspensi agar mobil dapat melaju dengan baik di genangan air," tambah Ricky.

Jangan lupakan rem mobil. Kondisi jalan yang licin membuat rem mobil bekerja lebih keras. Pastikan rem berfungsi baik dengan memeriksa kampas rem dan mengisi tabung minyak rem sesuai takaran.

Adapun untuk memastikan kenyamanan berkemudi tetap terjaga, jangan lupa juga untuk melakukan pengecekan terhadap AC. Pastikan fitur ini berfungsi baik dan dingin. Embusan AC yang tidak dingin akan membuat kaca depan mobil berembun dan mengganggu visibilitas.

Dalam upaya mempersiapkan kondisi mobil menyambut musim penghujan, Auto2000 juga menggelar suatu program yang dapat dinikmati lewat Auto2000 Digiroom.

https://otomotif.kompas.com/read/2020/09/27/140100015/memasuki-musim-penghujan-cek-lagi-wiper-belakang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke