Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DnZ Wheels, Pelek Buatan Indonesia Berkualitas Internasional

Kompas.com - 27/09/2020, 09:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia Modification Expo (IMX) dan National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) senantiasa mendorong kemunculan produk-produk aftermarket lokal yang diharapkan bisa mewarnai ranah modifikasi Tanah Air dan juga dunia.

Dalam setiap penyelenggaraan expo modifikasi terbesar di Indonesia tersebut, dipastikan hadir merek-merek produk aftermarket lokal baru yang diberikan panggung agar bisa segera menggairah dunia modifikasi secara umum. Misalnya seperti KARMA Bodykit dan Produk lampu Yoong Motor Group pada gelaran IMX sebelumnya.

Pada perhelatan IMX 2020 yang akan berlangsung secara virtual pada 10 Oktober 2020, IMX mendorong kemunculan DnZ Wheels by Garasi Drift yang merupakan velg aftermarket lokal dengan kualitas internasional.

Baca juga: Morbidelli Tercepat di FP2 GP Catalunya, Quartararo Tercecer

DnZ WheelsNMAA DnZ Wheels

“Kami berkomitmen untuk terus merangsang dan mendorong hadirnya produk-produk aftermarket dalam negeri di setiap penyelenggaraan IMX. Hal ini berangkat dari keyakinan bahwa Indonesia merupakan pasar yang besar dalam modifikasi, dan sudah seharusnya memiliki produk-produk aftermarket sendiri yang berjaya di dalam maupun diminati pasar luar negeri,” sambut Andre Mulyadi, Project Director Indonesia Modification Expo dalam siaran resmi.

DnZ Wheels varian Type One akan diluncurkan sekaligus memulai penjualan bersamaan dengan penyelenggaraan IMX 2020 dan merupakan bagian dari program Exclusive Release IMX.

Artinya untuk penjualan gelombang pertama velg tersebut dilakukan melalui IMX Digital Market pada platform Shopee Indonesia.

“Konsep DnZ Wheels arahnya seperti velg racing Jepang one piece yang sporty sesuai favorit kita. Velg-velg tersebut biasanya dibuat dengan desain yang tidak neko-neko tetapi karakternya kuat. Sehingga desainnya bisa cocok dimasukkan ke mobil apa saja,” ujar Ziko Harnadi dari Garasi Drift.

Baca juga: Ini Cara Pemerintah Tingkatkan Keselamatan di Jalan Tol Cipali

Hadirnya DnZ Wheels berangkat dari mahalnya harga pelek racing asal Jepang yang ditawarkan di Indonesia. Maka DnZ Wheels mencoba menyediakan velg buatan dalam negeri dengan kualitas dan desain yang setara dan ditawarkan dengan harga sangat terjangkau, hanya Rp 5,8 juta untuk 4 roda.

DnZ Wheels Type One membawa desain jari-jari palang 10 yang dirancang sedemikian rupa agar terlihat celong. Keuntungan desain seperti ini membuat pelek terlihat kekar dan memiliki pembagian bobot seimbang. Selain itu juga bisa diterapkan offset (et) yang umum untuk beragam mobil.

Spesifikasinya memiliki diameter lingkaran 16 inci dan lebar 7 inci. PCD atau lubang bautnya 4/100 dengan et 38 dan berwarna Magnesium Gold. Ukuran tersebut dipilih karena terbilang sesuai untuk banyak mobil penumpang di dalam negeri, seperti Suzuki Ignis, Honda Brio, Toyota Yaris, Nissan March, Datsun GO+, Mazda2, Daihatsu Ayla, Toyota Agya, Honda Jazz, dan lain sebagainya.

DnZ WheelsNMAA DnZ Wheels

“DnZ Wheels Type One didesain untuk menampilkan fitment pelek yang mampu membuat tampilan kaki-kaki jadi lebih stand out. Spesifikasinya juga diperhitungkan untuk mobil dengan bodi mobil standar, maupun mobil yang ditambahkan over fender,” terang Dipo Dwiki dari Garasi Drift.

Untuk pembuatan DnZ Wheels Type One, Garasi Drift mempercayakan kepada PAKO Group yang merupakan salah satu produsen pelek Tanah Air yang beroperasi sejak 1974. Pabrik ini memiliki spesialisasi membuat pelek mobil-mobil baru seperti Lexus untuk market Jepang, bahkan OZ Racing disebut pernah membuat lini produknya di pabrik ini.

DnZ Wheels dibuat dengan metode low pressure casting yang kuat. Apalagi velg tersebut sudah mendapat standar kualitas seperti SNI (Standar Nasional Indonesia) dan JWL (Japan Light Alloy Wheel) yang merupakan sertifikasi keselamatan untuk mobil penumpang di Jepang.

Baca juga: Tanggapan Daihatsu Soal Dampak Relaksasi Terhadap Penjualan

DnZ WheelsNMAA DnZ Wheels

PAKO GROUP menghasilkan pelek cetak DnZ Wheels mentah setiap 60 detik. Sebelum bisa digunakan, pelek mentah ini harus melalui beberapa tahapan seperti melubangi PCD dan pentil, proses x-ray untuk melihat struktur dalam pelek, pemanasan, pengecatan, serta pemotongan di mesin CNC untuk mendapatkan model tertentu.

“DnZ Wheels Type One sudah lulus tes fisik seperti impact test, drum test, dan MLT. Selain itu per pelek mampu mencapai maximum load 560 kg, sehingga kalau dikali 4 buah, mampu menopang mobil berbobot 2 ton lebih. Hal ini sesuai dengan spesifikasi standar keselamatan, ketahanan dan kualitas. Kami mau bilang ini velg luar biasa, jadi selamat untuk industri aftermarket Indonesia,” kata Marketing Departement Head Pako Group, Yeremia Dwi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com