Perjalanan Valentino Rossi dari Tahun 2000 Sampai Petronas Yamaha SRT

Kompas.com - 27/09/2020, 11:02 WIB
Valentino Rossi Foto: MotoGP.comValentino Rossi
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Valentino Rossi merupakan salah satu pebalap terbaik di dunia. The Doctor mengoleksi sembilan gelar juara dunia sejak meniti karir di dunia balap motor pada 1996.

Pebalap yang kini berusia 41 tahun tersebut menjadi satu-satunya pebalap dalam sejarah yang memenangkan Kejuaraan Dunia di kelas 125cc, 250cc, 500cc dan MotoGP.

Baca juga: Valentino Rossi Resmi Masuk Tim Petronas Yamaha

Valentino Rossi saat sesi tes di Sirkuit MisanoYamaha MotoGP Valentino Rossi saat sesi tes di Sirkuit Misano

Rossi juga tercatat sebagai pebalap yang mampu meraih juara dunia dari dua merek berbeda, yakni Honda dan Yamaha. Di Honda ialah romantisme, di Yamaha ialah cinta, dan di Ducati kegagalan.

Musim depan 2021 pebalap berjuluk The Doctor itu akan pindah ke tim satelit Petronas Yamaha SRT. Meski pindah ke tim di bawahnya, sebetulnya bukan kali pertama Rossi berada di tim satelit.

Berikut perjalanan karir Rossi di kelas premier sampai akhirnya pindah ke Yamaha Petronas SRT tahun depan, yang ditengarai sebagai tim terakhir legenda balap motor tersebut sebelum pensiun.

Valentino Rossi Valentino Rossi

1. Nastro Azzuro Honda (2000-2001)

Rossi kali pertama naik ke kelas premier atau utama pada tahun 2000 di kelas 500cc bersama tim Nastro Azzuro Honda menggunakan Honda NSR500.

Rossi dua musim di tim ini, yakni pada tahun 2000 dan 2001. Tahun pertamanya dia langsung jadi runner up dan meraih rookie of the year. Di tahun kedua dia merebut juara dunia GP500 pertamanya.

Di tim inilah awal warna kuning khas #46 berkibar di kelas tertinggi dan jadi ciri khas Rossi sampai sekarang. Ribuan fans berkumpul memakai warna kuning menyala untuk mendukung pebalap idolanya.

Valentino Rossi Valentino Rossi

2. Repsol Honda (2002-2003)

Halaman Selanjutnya
Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X