Komparasi Corolla Cross dan Nissan Kicks e-Power, Mana Lebih Unggul?

Kompas.com - 27/09/2020, 11:53 WIB
Desain Nissan Kicks e-Power KOMPAS.COM/STANLY RAVELDesain Nissan Kicks e-Power

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini mobil compact Sport Utility Vehicle (SUV) banyak diminati oleh masyarakat Indonesia, tidak heran jika pabrikan berlomba-lomba untuk menyajikan mobil jenis ini dan harga saling bersaing.

SUV yang baru saja dirilis oleh produsen otomotif Tanah Air, di antaranya ada Nissan Kicks e-Power yang resmi diluncurkan 2 September 2020 dengan harga Rp 449 juta (on the road), dan Corolla Cross Hybrid yang lebih dulu dipasarkan pada Agustus lalu dengan harga RAp 497,8 juta.

Dua model SUV Jepang ini sama-sama dibekali dengan sistem elektrifikasi. Corolla Cross mengusung model hybrid, sedangkan Nissan Kicks merupakan mobil listrik tanpa charge.

Lantas seperti apa keunggulan kedua SUV tersebut?

Baca juga: Deretan Pilihan Skutik Bekas Harga Rp 3 Jutaan

Dimensi

Di atas kertas, keduanya memiiki konfigurasi 5 penumpang, namun kabin dan bagasi lebih luas Corolla Cross ketimbang Nissan Kicks.

Nissan Kicks e-Power memiliki panjang 4.305 mm, lebar 1.760 mm, dan tinggi 1.615 mm. Sebagai SUV Kompak, mobil ini memiliki jarak roda depan belakang 2.620 mm dan ground clearance 175 mm.

Toyota Corolla CrossTAM Toyota Corolla Cross

Sedangkan Corolla Cross lebih bongsor, memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 2.630 mm.

Mesin

Nissan Kicks dibekali mesin bensin 3 silinder berkapitas 1.198cc dengan tipe HR12 sebagai mesin pengumpan daya ke baterai, bukan sebagai penggerak. Untuk sumber penggerak tetap menggunakan motor listrik yang ditanam pada roda depan yaitu menggunakan EM57.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X