Modifikasi Motor Melebihi Dimensi Standar, Bisa Bikin Tidak Seimbang

Kompas.com - 22/09/2020, 19:41 WIB
Boks motor shopeeBoks motor

JAKARTA, KOMPAS.comModifikasi motor boleh saja dilakukan oleh pemiliknya, mulai sektor mesin, sampai penambahan aksesoris. Tapi perlu diperhatikan jika ingin menambah berbagai aksesoris di motor, jangan sampai melebihi dimensi standar.

Modifikasi yang melebihi dimensi motor bisa mengganggu pengguna jalan lain. Selain itu, jika memakai aksesoris yang melebihi panjang atau lebar maksimal motor, bisa memengaruhi keseimbangan ketika berkendara.

Trainer Yamaha Riding Academy On Road dan Off Road, Setyo Suyarko mengatakan, ketika melakukan ubahan sehingga motor jadi lebih panjang atau lebar, keseimbangan motor pasti berubah.

Baca juga: Alasan Vespa NOS Punya Harga Tinggi

boks motorbelipart.com boks motor

“Saat membuat motor, lebar, tinggi, berat, dan center of gravity nya sudah diperhitungkan oleh pabrikan. Jika menambah aksesoris seperti boks samping dan belakang dan diisi beban, bisa membuat sepeda motor kurang seimbang atau stabil,” kata Setyo kepada Kompas.com, belum lama ini.

Motor sebenarnya memiliki bagasi yang memang peruntukannya sebagai tempat barang. Jika bagasi diisi penuh pun, keseimbangan motor tetap terjaga. Berbeda ceritanya jika menambah boks belakang maupun samping.

“Pengendara harus punya usaha dan kemampuan lebih untuk handling sepeda motor yang menggunakan boks, kembali menyesuaikan dengan perubahan keseimbangan motornya,” ucap Setyo.

Baca juga: Daftar Harga Skutik 150 cc Bekas, Nmax Mulai Rp 18 Jutaan

Pilihan menggunakan boks tambahan biasanya dikarenakan pengendara butuh tempat penyimpanan yang lebih besar, seperti kebutuhan untuk touring. Setyo tidak menyarankan memasang boks samping atau belakang.

“Jika suka touring, lebih baik mempersiapkan dengan kendaraan yang mempunyai kapasitas bagasi yang besar di bawah joknya,” kata dia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X