Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mulai Sering Hujan, Perhatikan Cara Berbelok yang Benar

Kompas.com - 22/09/2020, 19:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengendarai sepeda motor ketika hujan membutuhkan perhatian khusus bagi pengendara motor. Potensi kecelakaan meningkat seiring kondisi lingkungan yang berubah.

Kemungkinan bahaya dapat timbul dari jarak pandang yang terbatas. Tambahan lain adalah kondisi jalan yang basah yang berpengaruh pada cara berkendara.

Head of Safety Riding Promotion Wahana, Agus Sani, mengatakan, jalan basah membuat kemungkinan ban kehilangan traksi.

Baca juga: Jelang GP Catalan, Joan Mir Mulai Bidik Juara Dunia

“Di sini gaya berkendara saat hujan wajib di ubah. Terutama dikhususkan pada saat berbelok,” ujar Agus saat dihubungi Kompas.com, Selasa (22/9/2020).

Ilustrasi berkendara musim hujanadiraclubmember.com Ilustrasi berkendara musim hujan

Agus melanjutkan, bagi pengendara motor ketika berada di lintasan basah dapat mengalami gejala aquaplaning. Oleh karena itu ada beberapa langkah yang perlu dilakukan ketika hendak berbelok.

Baca juga: Mau Balapan Pakai BMW Z4 GT3 dari Rumah?

“Pastikan mengurangi kecepatan sebelum memasuki tikungan, jangan melaju kencang. Kemudia ketika berbelok, jangan lakukan pengereman secara mendadak. Ini akan membuat motor kehilangan traksi dan membuat risiko pengendara jatuh dan tergelincir,” katanya

Lakukan pengereman sebelum memasuki tikungan. Rem secara perlahan, sambil mengurangi kecepatan. Sudut kemudi tidak berbeda dengan garis lurus roda belakang.

Agus mengatakan, teknik ini hanya boleh dilakukan saat hujan dan jalan melakukan gaya berkendara yang sama ketika kondisi jalan kering.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com