Cat Mobil Cepat Kusam, Sampo Bisa Jadi Penyebabnya

Kompas.com - 19/08/2020, 12:02 WIB
Rawat bodi mobil sendiri Stanly/OtomaniaRawat bodi mobil sendiri

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidak sedikit pemilik kendaraan yang mengalami kalau warna cat pada mobil terasa cepat kusam dan pudar. Padahal usia pemakaian belum begitu lama, yaitu antara tiga sampai lima tahun saja.

Terkadang penyebab dari pemudaran warna itu tidak disadari oleh sang pemilik. Salah satu contoh, bisa juga disebabkan karena selalu parkir di tempat terbuka dan langsung kena sinar matahari serta air hujan.

Sementara itu, CEO Topcoat Indonesia Christopher Sebastian mengatakan, menggunakan sampo mengandung potensial hidrogen (ph) terlalu tinggi juga bisa menjadi penyebab cat mobil kusam.

Baca juga: Mobil Kurang Kedap Suara? Komponen Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Ilustrasi mencuci mobilHakase_ Ilustrasi mencuci mobil

“Kalau kami anjurkan di bawah 10 PH-nya, atau 7 lebih bagus lagi, karena tidak akan merusak lapisan dari cat itu sendiri. Kalau terlalu tinggi bisa cepat merusak bodi mobil,” ujar Christopher saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Kelebihan Oli Mesin, Bisa Bikin Perfoma Motor Melempem

Selain itu, kata Christopher karena adanya jamur di bodi mobil. Penyebabnya, yaitu setelah dicuci, lalu malam hari karena embun dan besok paginya mobil tidak dilap.

“Lama kelamaan bisa menimbulkan jamur, jadi lebih baik selalu merawatnya dengan baik,” katanya.

Ketika mencuci kendaraan, usahakan di tempat teduh dan parkiran mobil di tempat yang datar, untuk menghindari atir mengendap di celah-celah tubuh kendaraan.

“Jika mencuci di bawah terik matahari dan dalam kondisi mesin panas akan menimbulkan bercak air atau busa sabun di permukaan kendaraan, yang lama kelamaan akan membuat lapisan cat terganggu,” tutup Christopher.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X