Mobil Kurang Kedap Suara? Komponen Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Kompas.com - 18/08/2020, 20:01 WIB
Ilustrasi pengendara baru Stanly/OtomaniaIlustrasi pengendara baru
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Mobil yang kedap dari suara bising jadi dambaan banyak orang. Ruang kabin menjadi lebih tenang, dan Anda bisa mengemudi dengan nyaman sambil mengobrol atau mendengarkan alunan musik favorit.

Namun tak sedikit mobil yang sudah berusia lebih dari 5 tahun menjadi kurang kedap suara dari sebelumnya.

Andi Chondang, pemilik bengkel Honda Clinic di Pondok Kopi, Jakarta Timur, mengatakan, suara bising ini ternyata bisa menyelinap masuk dari sela-sela pintu.

Baca juga: Toyota Luncurkan Innova TRD Sportivo, Simak Daftar Harganya

Karet pintu mobil, membantu menambah kekedapan kabin.KompasOtomotif-Donny Apriliananda Karet pintu mobil, membantu menambah kekedapan kabin.

Salah satu penyebabnya karena karet-karet pintu yang kurang mendapatkan perawatan dari pemiliknya.

“Padahal kondisi karet pintu mobil sangat mempengaruhi kekedapan suara kabin mobil. Karet yang sudah rusak atau sobek bikin suara bising masuk,” ujar Andi, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

“Kalau ada bagian karet pintu yang sudah rusak atau sobek sebaiknya langsung diganti dengan yang baru untuk menjaga kekedapan suara,” katanya.

Baca juga: Biaya Kepemilikan Eclipse Cross Selama 5 Tahun, Sebulan Rp 1,3 Jutaan

Ilustrasi karet pintu mobil yang sudah getasDok. Otomotif Group Ilustrasi karet pintu mobil yang sudah getas

Karet pintu yang sudah rusak biasanya ditandai dengan karet yang melar. Biasanya terdapat di bagian sudut-sudut pintu.

Jika bagian karet yang melar atau rusak makin banyak, otomatis suara bising dari luar makin banyak yang masuk ke dalam kabin.

“Harganya cukup bervariasi, untuk Honda Jazz misalnya, satu bagian pintu mungkin sekitar Rp 200.000-an sampai Rp 300.000-an,” ucap Andi.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X