Kelebihan Oli Mesin, Bisa Bikin Perfoma Motor Melempem

Kompas.com - 18/08/2020, 19:51 WIB
Penggantian oli mesin untuk sepeda motor skutik Otomania/Setyo AdiPenggantian oli mesin untuk sepeda motor skutik

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada umumnya setiap sepeda motor memiliki daya tampung oli mesin yang berbeda-beda. Daya tampung ini sebaiknya dipatuhi oleh pemilik kendaraan.

Sebab, kasus kelebihan oli ternyata bisa berdampak negatif pada mesin kendaraan, khususnya sepeda motor. Bagi biker yang sering mengacuhkan takaran oli dari yang seharusnya siap-siap mengalami masalah yang bisa merepotkan.

Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, Ribut Wahyudi, membenarkan hal tersebut. Menurutnya kelebihan oli dapat menimbulkan efek tidak baik pada mesin.

Baca juga: Salah Kaprah Pengemudi Saat Berkendara Malam Hari

Ribut menyebutkan, banyak yang beranggapan jumlah oli yang banyak justru akan memasok oli dengan kualitas baik. Namun nyatanya anggapan ini tidak benar.

Ilustrasi berkendaraOtomania/Setyo Adi Ilustrasi berkendara

Faktanya, kelebihan oli malah akan berdampak pada penurunan kualitas. Pasalnya, saat mesin bekerja akan menimbulkan gelembung-gelembung pada genangan oli, lalu bertabrakan dengan weight balance.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Apa Perbedaan Innova TRD Sportivo dengan Tipe Standar?

“Dalam takaran normal, seharusnya oli hanya untuk melapisi tidak perlu menggenangi. Jika oli menggenangi mesin, oli justru akan mudah keruh dan membuat kualitasnya menurun,” ujar Ribut saat dihubungi Kompas.com.

Karakter oli memiliki kekentalan yang konsisten. Sehingga volume berlebih justru akan menimbulkan hambatan pada mesin. Seperti kinerja mesin yang terasa berat dan membuat perfoma motor menjadi melempem.

“Jadi mulai sekarang hindari kelebihan pada oli motor agar tidak membuat motor alami kerusakan,” katanya.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.