Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Bus Engkel, Bus Kecil dengan Sasis Truk

Kompas.com - 18/08/2020, 19:21 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comBus merupakan angkutan penumpang yang bisa membawa banyak orang dari satu tempat ke tempat lain. Namun pada kondisi jalan yang sempit, bus yang besar tentunya akan kerepotan.

Oleh karena itu, ada angkutan penumpang yang dikenal dengan bus engkel. Bus engkel ini memiliki dimensi yang lebih kecil dari medium bus, namun lebih besar dari angkot atau microbus pada umumnya.

Bus engkel dibuat lebih tinggi agar bisa memuat penumpang yang berdiri. Kemudian tetap ada beberapa kursi untuk duduk. Anggota Forum Bismania Indonesia, Dimas Raditya mengatakan, biasanya bus ini beroperasi di pedesaan.

Baca juga: Selain Innova, Toyota Juga Pasarkan Sienta Welcab

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Bus kecil, Monggo Yang mau order bisa hubungi kami.

A post shared by Karoseri Agustus Magelang (@agustus_karoseri) on Oct 4, 2019 at 6:33am PDT

 

“Bus engkel biasa beredar di jalan yang aksesnya kecil, kemudian sering stop & go. Bus model ini cocok untuk jalan yang sempit,” kata Dimas kepada Kompas.com, Selasa (18/8/2020).

Kemudian asal panggilan engkel dikarenakan bus ini menggunakan sasis dari truk engkel atau truk empat roda seperti Mitsubishi Colt Diesel FE Series. Sasis ini cocok untuk digunakan pada jalan pedesaan yang sempit dengan medan yang naik turun.

Bus engkel ini bisa ditemui pada daerah-daerah pedesaan dekat pegunungan di Jawa Tengah seperti Wonosobo, Temanggung, Magelang, Kebumen, dan berbagai daerah lainnya. Bus ini menjadi transportasi andalan warga untuk pergi antar kecamatan.

Baca juga: Marc Marquez Masih Absen di GP Styria 2020

Salah satu karoseri pembuat bus engkel yaitu karoseri Agustus dari Magelang. Bus engkel juga mengikuti zaman dengan menggunakan model double glass. Namun pada bus engkel hanya memasang sekat atau bando tambahan, bukan kaca ganda sebenarnya.

Kemudian keunikan lainnya yaitu memakai lampu depan dan belakang yang sama persisi dengan yang terpasang pada bus besar. Hasilya bus engkel terlihat bagai bus besar yang diperkecil baik panjang dan lebarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com