Begini Cara Meminimalisir Blind Spot Saat Berkendara

Kompas.com - 09/08/2020, 11:22 WIB
Titik buta atau blind spot saat berkendara. hyundaimobil.co.idTitik buta atau blind spot saat berkendara.
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Blind spot atau titik buta, tidak hanya ada pada kendaraan dengan dimensi yang besar seperti truk atau pun bus.

Tetapi saat berkendara menggunakan kendaraan pribadi dengan dimensi yang lebih kecil pun tidak terlepas dari keberadaan area blind spot.

Sebisa mungkin pengendara menghindari area blind spot saat berkendara guna mencegah adanya kendaraan lain yang tidak terlihat.

Sebab, kondisi tersebut berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas karena pengemudi tidak mengetahui keberadaan kendaraan lain.

Training Director The Real Driving Center ( RDC) Marcell Kurniawan mengatakan, ada beberapa cara yang bisa dilakukan seorang pengendara untuk meminimalisir titik buta pada kendaraannya.

Baca juga: Selama Pandemi, Mobil Bekas di Atas Rp 100 Juta Sepi Peminat

“Untuk meminimalisir bisa memaksimalkan area pandang pada spion, jadi atur spion semaksimal mungkin sebelum jalan,” ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (9/8/2020).

Area blind spotLeftlanenews Area blind spot

Selain itu, Marcell menambahkan, pengendara juga bisa menambahkan peranti lain seperti blind spot mirror.

Perangkat ini bisa meminimalisir area blind spot yang tidak bisa terpantau oleh pengendara saat berkendara di jalan raya.

“Bisa menggunakan blind spot mirror atau menambahkan blind spot detection system,” katanya.

Cara lain, yaitu dengan memperhatikan jalur yang aman sebelum memutuskan untuk mendahului atau berpindah jalur.

Baca juga: Begini Cara Memilih Mobil Bekas Berkualitas

“Jangan lupa untuk menengok terlebih dahulu sebelum berpindah jalur, karena bisa saja ada mobil yang terjebak di blind spot kita,” tuturnya.

Ilustrasi pilar blind spotStanly/Otomania Ilustrasi pilar blind spot

Selanjutnya, langkah yang terakhir untuk mencegah blind spot bisa juga dengan mencondongkan badan sebelum berbelok.

Baca juga: Ini Alasan Kenapa Mobil Bekas Pabrikan Jepang Lebih Laris ketimbang Eropa

“Condongkan badan ke kiri saat akan berbelok ke kanan, ini untuk meminimalisir blind spot dari pilar A kendaraan sebelah kanan,” ucapnya.

Dengan menerapkan beberapa langkah tersebut maka area blind spot saat mengendarai kendaraan pribadi juga bisa diminimalisir.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X