Bahan Motor Custom 150-225 cc di Bawah Rp 10 Jutaan

Kompas.com - 03/07/2020, 15:11 WIB
Yamaha Scorpio yang diubah dengan tampilan cafe racer KOMPAS.com/Aprida Mega NandaYamaha Scorpio yang diubah dengan tampilan cafe racer

JAKARTA, KOMPAS.com - Motor custom di Indonesia semakin digemari dan diminati. Banyak pencinta roda dua yang ingin mengekspresikan ide gila dan kreativitasnya.

Sammy Rangkuti, builder Rangkuti Motor di Bogor Tengah, mengatakan, ada beberapa pilihan motor yang pas untuk dijadikan motor custom.

Baca juga: Era 3D Printing untuk Komponen Motor Custom di Indonesia

“Kalau saran dari saya untuk motor custom enaknya basic motor yang kapasitasnya 200 cc ke atas,” ujar Sammy, kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ganjar Pranowo berfoto dengan Yamaha Byson custom bikinan Icus Custom. Foto: Istimewa/Ihsanuddin Ganjar Pranowo berfoto dengan Yamaha Byson custom bikinan Icus Custom.

Menurut Sammy, kapasitas tersebut masih membuat motor terasa bertenaga. Selain itu, jika pemilik sudah bosan dan ingin menjual motornya, harga jualnya tidak jatuh dan masih stabil.

Namun, untuk yang memiliki dana terbatas, mungkin bisa memulai dengan motor-motor di bawah 250 cc. Sebab, tak hanya harganya terjangkau, tapi motornya juga cocok untuk di-custom.

Ada tiga motor di bawah 250 cc dengan harga di bawah Rp 10 juta, yang bisa dijadikan bahan motor custom, antara lain Honda GL Pro, Yamaha Byson, dan Yamaha Scorpio.

1. Honda GL Pro

GL Pro dibekali mesin berkapasitas 160 cc. Meski usia motor terbilang tua, tapi tenaga mesinnya tetap terasa. Walaupun motornya sudah tidak diproduksi, tapi suku cadangnya masih mudah ditemukan. Selain itu, harga suku cadangnya juga murah.

“Itu juga sudah cukup untuk pemula, untuk di perkotaan juga enak, hanya saja untuk jarak jauh tenaganya yang kurang,” kata Sammy.

Di beberapa situs jual beli online, GL Pro dengan tahun 1995 masih ada yang menjualnya di angka Rp 6 juta hingga Rp 8 juta. GL Pro yang kondisinya cukup bagus dan produksi tahun 1992, bahkan harganya masih di Rp 9,5 juta.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X