PSBB Transisi, Konsumsi BBM Pertamina Justru Naik 10 Persen

Kompas.com - 03/07/2020, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Jargon di rumah aja atau stay at home, kampanye yang digaungkan pemerintah untuk mengurangi potensi penyebaran virus corona atau Covid-19 mulai pudar. Memasuki fase new normal, konsumsi BBM sejak 8 Juni 2020 justru meningkat, menandai semakin tinggi mobilitas atau aktivitas warga di jalan.

PT Pertamina (persero) mencatat, peningkatan konsumsi BBM bahkan mencapai 10 persen lebih besar dibandingkan saat diterapkannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Walaupun sudah meningkat, konsumsi rata-rata BBM belum mencapai kondisi normal seperti sebelum masa pandemi.

Sejak 8 Juni 2020, konsumsi BBM rata-rata sekitar 114.000 kilo liter per hari. Sementara pada Januari-Februari 2020, bisa mencapai 135.000 kilo liter per hari.

Baca juga: Deretan Mobil Bekas yang Bakal Dicari Saat New Normal

SPBU PertaminaDok. Pertamina SPBU Pertamina

Fajriyah Usman, Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero), mengatakan, peningkatan konsumsi BBM sejalan dengan mulai beroperasinya sarana transportasi umum, kendaraan pribadi, industri, perkantoran, pusat perbelanjaan, serta UMKM.

“Jika selama PSBB konsumsi BBM secara umum mengalami penurunan sekitar 26 persen. Saat ini penurunannya berkurang menjadi sekitar 16 persen dibandingkan rerata konsumsi normal,” ucap Fajriyah, dalam keterangan tertulis (2/7/2020).

Fajriyah juga mengatakan, untuk mendorong penjualan BBM, perusahaan tetap berkomitmen menyediakan BBM hingga ke pelosok negeri.

Baca juga: Mobil Pribadi Boleh Bawa Penumpang Penuh, tetapi Ada Syaratnya

Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Petugas SPBU menggunakan alat pelindung wajah saat melayani pengendara di SPBU Pertamina 31.128.02 di Jl. Letjen M.T. Haryono, Jakarta Timur, Senin (1/6/2020). Penggunaan alat pelindung wajah (Face Shield) tersebut sebagai salah satu upaya untuk melindungi diri saat berhubungan langsung dengan pengendara dalam pencegahan penyebaran COVID-19.

Berbagai program juga disediakan seperti cashback, Berbagi Berkah My Pertamina juga terus berlanjut sebagai stimulus bagi konsumen.

“Pemulihan ekonomi di sejumlah wilayah masih belum merata, kami masih terus memantau perkembangan pandemi Covid-19,” ujar Fajriyah.

“Namun untuk memastikan kebutuhan BBM terpenuhi, Pertamina tetap menyediakannya di seluruh wilayah sesuai permintaan,” katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.