Cara Mudah Panaskan Mesin Motor Lawas yang Masih Pakai Karburator

Kompas.com - 23/06/2020, 12:22 WIB
Honda CB100 K5 Instagram @motor_tua_jakartaHonda CB100 K5

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan karburator banyak ditemukan pada sepeda motor lawas. Sebab, sekarang ini sepeda motor sudah banyak yang menggunakan teknologi injeksi untuk sistem pembakarannya.

Pada motor injeksi, sebagian besar pengaturan motor diatur oleh komputer atau Electronic Control Unit (ECU). Sedangkan motor yang masih menggunakan karburator, pengaturannya banyak dilakukan secara manual.

Baca juga: Ini Motor Sport Karburator yang Masih Diburu Pembeli

Dalam kondisi mesin dingin, seperti pagi hari, setelah motor lama tidak digunakan, biasanya mesin akan sulit untuk dihidupkan. Hal ini biasa terjadi pada motor-motor yang masih menggunakan karburator.

Fungsi tuas choke pada motor yang masih menggunakan karburatorQuora.com Fungsi tuas choke pada motor yang masih menggunakan karburator

Untuk itu, pada karburator, terdapat tuas khusus yang dinamakan "choke". Tak banyak sepertinya pemilik motor yang memahami fungsi atau cara kerja dari tuas ini. Tuas choke umumnya diletakkan di setang sebelah kiri atau di karburator.

Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, mengatakan, tuas choke yang ada pada karburator berfungsi untuk memperkaya campuran bahan bakar.

Baca juga: Laris Mana, Motor Bebek Bekas Jenis Karburator dan Injeksi?

"Biasanya, tuas ini digunakan pada pagi hari pada saat suhu mesin dingin, untuk memudahkan menghidupkan mesin motor," ujar Wahyudi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Namun, jika mesin sudah hidup, sebaiknya posisikan tuas choke ke posisi semula. Tujuannya agar suplai bahan bakar kembali normal.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X