Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mudah Panaskan Mesin Motor Lawas yang Masih Pakai Karburator

Kompas.com - 23/06/2020, 12:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Penggunaan karburator banyak ditemukan pada sepeda motor lawas. Sebab, sekarang ini sepeda motor sudah banyak yang menggunakan teknologi injeksi untuk sistem pembakarannya.

Pada motor injeksi, sebagian besar pengaturan motor diatur oleh komputer atau Electronic Control Unit (ECU). Sedangkan motor yang masih menggunakan karburator, pengaturannya banyak dilakukan secara manual.

Baca juga: Ini Motor Sport Karburator yang Masih Diburu Pembeli

Dalam kondisi mesin dingin, seperti pagi hari, setelah motor lama tidak digunakan, biasanya mesin akan sulit untuk dihidupkan. Hal ini biasa terjadi pada motor-motor yang masih menggunakan karburator.

Fungsi tuas choke pada motor yang masih menggunakan karburatorQuora.com Fungsi tuas choke pada motor yang masih menggunakan karburator

Untuk itu, pada karburator, terdapat tuas khusus yang dinamakan "choke". Tak banyak sepertinya pemilik motor yang memahami fungsi atau cara kerja dari tuas ini. Tuas choke umumnya diletakkan di setang sebelah kiri atau di karburator.

Ribut Wahyudi, Kepala Bengkel Honda Bintang Motor Cinere, mengatakan, tuas choke yang ada pada karburator berfungsi untuk memperkaya campuran bahan bakar.

Baca juga: Laris Mana, Motor Bebek Bekas Jenis Karburator dan Injeksi?

"Biasanya, tuas ini digunakan pada pagi hari pada saat suhu mesin dingin, untuk memudahkan menghidupkan mesin motor," ujar Wahyudi, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Namun, jika mesin sudah hidup, sebaiknya posisikan tuas choke ke posisi semula. Tujuannya agar suplai bahan bakar kembali normal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com