Xpander Kena Recall, Bagaimana Xpander Cross dan Model Facelift?

Kompas.com - 23/06/2020, 07:02 WIB
Mitsubishi resmi memperkenalkan Xpander Cross Kompas.comMitsubishi resmi memperkenalkan Xpander Cross

JAKARTA, KOMPAS.com – Pemilik Mitsubishi Xpander harus waspada, sebab PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) telah mengumumkan recall atau kampanye perbaikan terkait masalah fuel pump atau pompa bensin.

Berdasarkan data PT MMKSI, ada sekitar 139.111 unit Xpander di Indonesia yang terkena dampak recall karena masalah tersebut.

Dari hasil investigasi perusahaan, ditemukan bahwa impeller (baling-baling) di dalam pompa bensin memuai dan berubah bentuk.

 Baca juga: Mitsubishi Indonesia Recall Ratusan Ribu Unit Xpander, Apa Masalahnya?

Test Drive Mitsubishi XpanderKOMPAS.com/Setyo Adi Test Drive Mitsubishi Xpander

Kondisi ini menyebabkan benda tersebut bergesekan dengan bagian di sekitarnya, hingga menyebabkan berhentu berputar.

Eiichiro Hamazaki, Director of After Sales Service PT MMKSI, mengatakan, pemilik Xpander tahun produksi 2017-2019 diharapkan bisa mengunjungi bengkel resmi.

Sebab kinerja pompa bensin sewaktu-waktu bisa bermasalah, dan untuk mengantisipasinya harus dilakukan pengecekan.

 Baca juga: Yamaha Indonesia Santuy Tanggapi Penjiplak Nmax

Test Drive Mitsubishi XpanderKOMPAS.com/Dio Test Drive Mitsubishi Xpander

“Kampanye perbaikan diselenggarakan untuk seluruh konsumen Xpander dengan tahun produksi dari 2018 hingga 2019 dan periode produksi pada 11 Oktober 2017 sampai 31 Agustus 2019,” ujar Hamazaki, dalam keterangan resmi (22/6/2020).

Artinya, unit yang kena recall dikhususnya pada model Xpander saja. Sementara Xpander Cross yang meluncur November 2019 dan Xpander Facelift yang dirilis Februari 2020, tidak mengalami hal tersebut.

Hal ini rupanya turut diamini Ketua Umum Xpander Mitsubishi Owner Club (X-MOC) Dani Bastian. Menurutnya, kejadian recall terkait pompa bensin yang bermasalah, sudah diketahui pengurus komunitas sejak satu bulan lalu.

 Baca juga: Mobil Baru Obral Diskon Besar, Harga Mobil Bekas Jadi Anjlok?

Tes drive Mitsubishi Xpander Tes drive Mitsubishi Xpander

“Dari komunitas memang sudah dikabari jauh-jauh hari, sudah muncul wacana recall. Tapi dari sekitar 4.000-an anggota X-MOC, yang saya dengar baru hitungan jari,” ujar Dani, kepada Kompas.com (22/6/2020).

“Dalam edaran yang kami terima juga disebutkan, yang kena recall hanya Xpander generasi awal, produksi 2017-2019. Sementara Xpander Cross dan Xpander facelift itu enggak, dia kan sudah akhir 2019 dan masuk 2020 keluarnya,” katanya.



Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X