Qooder, Skuter Bongsor 4 Roda yang Manis Tapi Kekar

Kompas.com - 23/06/2020, 09:22 WIB
Qooder KOMPAS.com/GilangQooder


JAKARTA, KOMPAS.com - Pasar skuter premium di Indonesia makin meriah dengan kehadiran Qooder pada akhir tahun lalu. Sepeda motor asal Swiss ini menggebrak publik karena satu-satunya skutik dengan 4 roda.

Fakta itu membuat tampilan Qooder berbeda dengan skuter lainnya. Skuter roda tiga sudah ada di Indonesia, tapi 4 roda, menjadi sesuatu yang baru dan mengusik benak bahwa motor ini seperti mobil.

Dari segi desain, tampilan depan Qooder khas motor tiga roda semisal Piaggio MP3 dan Peugeot Metropolis, meski jika ditelisik berbeda. Dibilang mirip karena punya kesan yang serupa dengan dua roda.

Qooder KOMPAS.com/Gilang Qooder

Tampilan depan Qooder termasuk manis untuk motor dengan panjang 2,2 meter, lebar 840 mm dan tinggi 1.360 mm. Bisa dilihat dari dua lampu depan besar yang terbagi dua kiri dan kanan.

Baca juga: Selisik Desain Honda Beat Generasi Kelima

Di atas lampu utama terletak windshield cukup besar sebagai tameng angin pengendara yang edisi standarnya berwarna hitam. Sedikit kekuranganya ialah ketinggian windshield tidak bisa diatur.

Turun sedikit dari lampu depan ada jalur angin yang terletak di "paruh bebek." Kemudian di bawahnya baru terlihat teknologi yang diusung skuter ini, suspensi bernama Hydrolic Tilting System (THS) atau hydro peneumatic system.

Qooder KOMPAS.com/Gilang Qooder

Suspensi ini punya tie rod seperti mobil dan bertugas menopang dua ban di depan. Keunikannya ialah suspensi bisa bergerak independen dan mengikuti gerak motor saat menikung ke kiri dan ke kanan.

Secara kasat mata, dua ban depan membuat tampilan motor jadi lebih kekar. Jangan heran di jalan banyak mata memandang, dan jika ingin masuk parkiran semisal ''Secure Parking'' dianggap motor gede (moge).

Menuju bagian samping, shrouds Qooder sebetulnya cukup kecil karena bagian samping depan habis dipakai sebagai ruang ban. Berbeda dengan skuter dua roda yang mana bannya hanya satu di tengah.

Baca juga: Tes Praktik di Jalan Lebih Penting Ketimbang Psikotes saat Membuat SIM

Qooder KOMPAS.com/Gilang Qooder

Ke area belakang baru terlihat kemegahan motor ini. Karena empat roda maka ban belakang juga sepasang. Jumlah ini membuat desainnya sangat berbeda dengan motor yang biasa terlihat di jalan.

Sekilas bodi belakang mirip dengan bentuk ATV, apalagi di bagian buritan di atasnya ban. Bagian bodi belakang dibuat melebar. Adapun fender alias sepatbor depan belakang pakai model gantung di atas roda.

Qooder KOMPAS.com/Gilang Qooder

Dilihat dari semua sisi Qooder memang tampil kekar. Kesan yang berbeda, segar dan baru untuk skuter. Mengimbangi bentuk bodinya, lampu belakang Qooder sangat minimalis dengan bentuk persegi panjang.

Di bawahnya ada skinny tail alias sepatbor tengah untuk menahan cipratan dan tempat pelat nomor. Adapun knalpotnya terletak di tengah di antara dua ban belakang yang memiliki sabuk penggerak terpisah.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X