Selama PSBB Transisi, Pengguna Kendaraan di Jakarta Wajib Bawa SIKM

Kompas.com - 05/06/2020, 12:01 WIB
Pemeriksaan kendaraan yang akan melewati jalur menuju Pantai Kuta Mandalika Satlantas Polres Lombok TengahPemeriksaan kendaraan yang akan melewati jalur menuju Pantai Kuta Mandalika
Penulis Ari Purnomo
|

JAKARTA, KOMPAS.com - DKI Jakarta sudah melakukan sedikit pelonggaran dalam penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), di masa transisi menuju normal baru.

Meski begitu, pengawasan terhadap protokol kesehatan tetap dilakukan termasuk juga syarat wajib bagi pengendara yakni Surat Izin Keluar Masuk (SIKM).

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo mengatakan, syarat wajib SIKM bagi para pengendara masih terus diberlakukan termasuk saat masa transisi sekarang ini.

“Untuk SIKM masih tetap dilakukan pemeriksaan dan wajib membawa SIKM bagi para pengendara,” ujarnya kepada Kompas.com, Kamis (4/6/2020).

Baca juga: Catat, Bebas Denda Pajak Kendaraan di Jatim Berakhir Akhir Juli 2020

Sambodo menambahkan, untuk pemeriksaan SIKM akan dihentikan setelah tanggal 7 2020. Hal ini sebagaimana dengan surat edaran terkait dengan persyaratan SIKM di wilayah DKI Jakarta.

Pos pemeriksaan SIKM di Kembangan, Jakarta BaratAkun instagram @info.jakartabarat Pos pemeriksaan SIKM di Kembangan, Jakarta Barat

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Sesuai dengan surat edaran pemeriksaan SIKM akan dilakukan sampai dengan tanggal 7 mendatang, “ katanya.

Dengan begitu, maka para pengendara yang hendak masuk ke wilayah DKI Jakarta sebelum 7 Juni akan tetap diwajibkan untuk membawa SIKM.

“Setelah tangga 7 tidak ada lagi pemeriksaan terkait SIKM,” ucapnya.

Sebelumnya, Pemprov DKI Jakarta menyebutkan bahwa pemeriksaan SIKM akan tetap berlanjut setelah 7 Juni 2020. Hanya saja, pemeriksaan yang dilakukan tidaklah sama seperti saat PSBB.

Baca juga: Catat, Ini Daerah yang Masih Bebaskan Denda Pajak Kendaraan

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengatakan, pemeriksaan SIKM nantinya lebih untuk mengontrol pergerakan orang dari dan yang akan keluar Jabodetabek.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.