Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bau Apak pada Kabin Mobil yang Kelamaan Diparkir

Kompas.com - 26/04/2020, 04:21 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sudah memasuki pekan ke tiga, kondisi tersebut berimbas pada kendaraan hanya terparkir di garasi karena tidak digunakan oleh pemiliknya.

Selama masa PSBB, tidak hanya mesin mobil saja yang diperhatikan. Para pemilik mobil juga sebaiknya waspada dengan aroma kabin mobil.

Bukan hal yang tidak mungkin interior memiliki bau yang tidak sedap alias bau apak karena tidak ada sirkulasi udara. Apalagi jika mobil tidak dipanaskan atau dipakai dalam waktu lama dan hanya dibiarkan terpakir di garasi.

Baca juga: Beredar Olah Digital Toyota Hilux Facelift 2021

Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Bambang Supriadi, menyarankan, saat mesin mobil dipanaskan, biarkan udara pada kabin bersirkulasi.

Mobil Suzuki APV yang menjadi korban pencurian pecah kaca di parkir di halaman Polres Sukabumi Kota, Rabu (3/7/2019).ISTIMEWA Mobil Suzuki APV yang menjadi korban pencurian pecah kaca di parkir di halaman Polres Sukabumi Kota, Rabu (3/7/2019).

“Ketika memanaskan mobil, sebaiknya kaca dibuka agar udara masuk. Lebih baik sambil menyalakan AC juga,” ujar Bambang saat dihubungi Kompas.com.

Baca juga: Rawat Mobil Transmisi Matik, Jangan Cuma Sekadar Panaskan Mesin

Banyak hal yang bisa menyebabkan bau tidak sedap pada mobil, di antaranya bau dari kulit jok, fabric, karpet, kotoran yang tertinggal di dalam mobil, serta sirkulasi udara (AC) yang juga bisa menimbulkan bau.

Hal tersebut bisa terjadi karena filter dan evaporator kemungkinan sudah dihinggapi kotoran berupa debu yang menumpuk dan berlendir, sehingga lama kelamaan akan menimbulkan jamur.

Business Development Rotary Bintaro, Kelvin Ong, menyarankan untuk nyalakan blower dengan kecepatan tertinggi dan suhu paling dingin agar partikel debu bisa berembus keluar.

“Kabin fan AC yang sudah lama tidak dinyalakan bisa menimbulkan bau tidak sedap. Dengan menyalakan blower full bisa membersihkan evaporator yang lembab, sehingga udara menjadi lebih baik dan lebih segar,” ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com