Kompas.com - 11/04/2020, 10:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada umumnya, motor tua masih dilengkapi dengan sistem pengapian yang menggunakan platina. Bisa dibilang, platina membutuhkan perawatan khusus, agar pengapian tetap bekerja secara optimal.

Platina bekerja secara mekanis dengan mengandalkan putaran cam untuk mendorong lengan platina. Sehingga, platina membuka dan menutup berulang-ulang.

Baca juga: Perhatikan Ini jika Ingin Restorasi Motor Tua

Mulyanto, pecinta motor klasik pemilik akun Instagram @motor_tua_jakarta, mengatakan, paling utama adalah rajin membersihkan platina tersebut, terutama bagian ujungnya yang menghasilkan bunga api.

Motor tua bisa dijadikan objek investasi@antik_motor_kediri Motor tua bisa dijadikan objek investasi

"Selalu dijaga kerenggangannya, jangan terlalu rapat, tapi juga jangan terlalu jauh. Jaraknya tipis saja, setipis ampelas. Membersihkan platina juga bisa menggunakam ampelas," ujar Mulyanto, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Baca juga: Investasi Motor Tua bagi Pemula, Beli Jadi Saja ketimbang Rakit Sendiri

Mulyanto menyarankan, untuk para pemula yang baru bermain motor tua, sebaiknya mengganti bagian pengapian dari platina menjadi Capacitor Discharge Ignition (CDI).

"Intinya, karena platina gampang berubah setelan jika kotor terkena debu atau air, makanya harus sering dibersihkan. Platina juga gampang berubah karena getaran mesin, apalagi jika dudukannya sudah diubah. Makanya, harus sering disetel ulang," kata Mulyanto.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.