Perhatikan Ini jika Ingin Restorasi Motor Tua

Kompas.com - 19/02/2020, 15:22 WIB
Motor tua bisa dijadikan objek investasi @antik_motor_kediriMotor tua bisa dijadikan objek investasi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belakangan ini, tren restorasi sepertinya meningkat lagi dengan bermunculannya motor-motor lama yang menjadi tren, seperti Honda Win 100 atau motor bebek jadul. Namun, sebelum melakukan restorasi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Rizki Arif, dari Antik Motor Kediri mengatakan, untuk para pecinta otomotif yang baru ingin melakukan restorasi motor tua atau motor klasik, sebaiknya pelajari dulu motor tersebut. Kenali spesifikasi atau bahkan sejarah dari motornya.

Baca juga: Motor Tua Bisa untuk Investasi, Setiap Tahun Harganya Naik

"Langkah selanjutnya adalah mempelajari suku cadang motor tersebut, mulai dari bagian luar hingga jeroannya. Setelah itu, baru mulai restorasi," ujar Rizki, saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Motor tua bisa jadi objek investasi@antik_motor_kediri Motor tua bisa jadi objek investasi

Rizki menambahkan, perlu juga dilihat kondisi motor yang ingin direstorasi. Usahakan motornya tidak dalam kondisi yang benar-benar parah. Jadi, sebagian suku cadangnya masih bisa dibangun kembali dan dipakai.

"Hal tersebut juga berguna untuk menekan biaya pengeluaran dan juga tingkat kesulitannya," kata Rizki, yang melayani jual beli dan restorasi motor tua.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Beli Vespa Tua Bisa Buat Investasi?

Menurut Rizki, bagian tersulit dari merestorasi motor tua adalah bagian bodinya. Sebab, komponen bodi lebih sulit dicari dibandingkan suku cadang mesin.

"Untuk soal harga, tidak bisa dikira-kira, karena harga suku cadang sekarang juga tidak ada patokannya. Tergantung juga dengan kelangkaan motornya," ujar Rizki.

Rizki mengatakan, antara motor Jepang dengan motor Eropa memiliki perbedaan. Lebih mahal biaya restorasi motor Eropa. Sebab, suku cadangnya banyak didatangkan dari negara asal dan harga shipping-nya cukup mahal.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X