Cegah Virus Corona, PO Bus Tidak Sediakan Bantal dan Selimut

Kompas.com - 01/04/2020, 18:53 WIB
fasilitas bus kompasianafasilitas bus

JAKARTA, KOMPAS.com – Penyebaran virus corona atau Covid-19 terus meluas di Indonesia. Penyebarannya yang melalu droplets dari orang yang positif, bisa menempel di mana saja, termasuk di kendaraan umum.

Semenjak maraknya penyebaran virus corona di Indonesia, Perusaahaan Otobus (PO) sudah mencegahnya dengan meniadakan fasilitas berupa bantal dan selimut. Fasilitas ini memang biasanya ada di kelas eksekutif ke atas.

Karena bantal dan selimut bisa menjadi media menempelnya virus corona, dikhawatirkan bisa menular ke penumpang lainnya.

Hal ini sudah dilakukan oleh beberapa PO bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) sejak pertengahan bulan Maret.

Baca juga: Syarat Mengajukan Permohonan Penundaan Kredit Motor dan Mobil

 
 
 
View this post on Instagram
 
 

Selamat siang, diberitahukan kepada seluruh pelanggan PT. Putera Mulya Sejahtera yang kami cintai. Terhitung sejak Senin 16 Maret 2020 lalu, kami menarik semua bantal dan selimut demi alasan keamanan kesehatan. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya selama kebijakan ini dilaksanakan, kami juga berupaya melakukan secara rutin di seluruh armada bus demi mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran virus COVID-19. Terima kasih atas kepercayaan, kerjasama dan pengertiannya selama pelaksanaan kegiatan pencegahan penyebaran virus COVID-19. Tertanda Manajemen PT. Putera Mulya Sejahtera #puteramulya #puteramulyasejahtera #puteramulyasejahteraofficial #pumassetia #cokropumas #asistencokropumas #punggawapumas #doubledecker #doubledeckerbus #busdoubledecker #doubledeckerindonesia #Jakarta #Semarang #Salatiga #Boyolali #Solo #Klaten #Yogya #Wonogiri #Pacitan #TransJawa #BusTransJawa #TolTransJawa #banggawonogiri #explorewonogiri #jelajahwonogiri #lawancovid19 #perangicovid19 #cegahcovid19 #kamitidaktakutcovid19

A post shared by PT. Putera Mulya Sejahtera (@puteramulya_sejahtera_official) on Mar 20, 2020 at 10:36pm PDT

 

Salah satunya yaitu PO Putera Mulya Sejahtera yang meniadakan bantal dan selimut yang ada di kabinnya. Alasan ditariknya bantal dan selimut yaitu demi keamanan kesehatan.

“Mohon maaf atas ketidaknyamanannya selama kebijakan ini dilaksanakan. Hal ini bertujuan untuk mendukung program pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19,” tulis manajemen PT Putera Mulya Sejahtera.

Begitu juga yang disampaikan PO Safari Dharma Raya melalui akun instagramnya. Mengikuti program pencegahan penyebaran virus Covid-19 dengan menarik semua bantal dan selimut untuk servis kesehatan.

Kru bus AKAPKompas.com/Fathan Radityasani Kru bus AKAP

PO SAN juga melakukan hal yang sama untuk sementara waktu. PO SAN juga menganjurkan agar penumpang menyediakan kebutuhan pribadi seperti masker dan hand sanitizer.

Tidak batuk atau bersin sembarangan dan mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Baca juga: Bisa Pesan Kawasaki Ninja 250 4-Silinder, Siapkan Rp 10 Juta

Selain pencegahan pada bagian kabin, penyemprotan bus dengan disinfektan sudah dilakukan oleh beberapa PO bus untuk mencegah penyebaran virus corona.

Seperti yang dilakukan PO Sumber Alam, penyemprotan armada dilakukan setiap sebelum dan sesudah mengantar penumpang.

“Untuk mencegah penyebaran virus, dilakukan pembersihan unit bus secara berkala, menyediakan hand sanitizer di kabin. Selain itu juga melakukan himbauan social distancing di kabin bus, pokoknya kami berusaha mengikuti himbauan pemerintah,” ucap Anthony Steven Hambali, pemilik dari PO Sumber Alam.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X