Perhatikan Kembangan Ban Sebelum Motor Melintasi Jalan Basah

Kompas.com - 26/02/2020, 08:22 WIB
Pengendara motor menerobos banjir di Pulomas, Jakarta Timur, Minggu (23/2/2020). Curah hujan yang tinggi dan kualitas drainase yang buruk membuat daerah tersebut terendam banjir. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc. Fakhri HermansyahPengendara motor menerobos banjir di Pulomas, Jakarta Timur, Minggu (23/2/2020). Curah hujan yang tinggi dan kualitas drainase yang buruk membuat daerah tersebut terendam banjir. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/foc.

JAKARTA, KOMPAS.com – Hujan lebat yang melanda Kota Jakarta sejak Selasa (25/2/2020) malam, menyebabkan banyak jalan banjir. Bagi pengendara sepeda motor yang tetap melanjutkan aktivitas, perhatikan kembangan ban sebelum melintasi jalan basah, becek, atau banjir.

Jimmy Handoyo, Technical Service & Development Department Head ban FDR, mengatakan, kembangan pada ban berfungsi sebagai alur pembuangan air. Jika sudah botak, ban tidak berfungsi secara maksimal.

“Jika air tidak tersalurkan, bisa menyebabkan ban menjadi selip ketika melewati genangan,” ucap Jimmy saat dihubungi oleh Kompas.com, Selasa (25/2/2020).

Baca juga: Begini Cara Bikin Kabin Mobil Cepat Dingin Usai Parkir di Tempat Panas

twi pada ban motorKompas.com/Fathan twi pada ban motor

Untuk melihat kondisi kembangan ban masih dalam atau tidak, bisa mengecek pada Tread Wear Indicator (TWI) yang terletak pada bagian tengah tapak ban. Posisi TWI ditunjukkan oleh segitiga kecil yang berada pada dinding ban.

“Kalau ban sudah terkikis sampai mengenai TWI nya, sebaiknya dilakukan penggantian. Jika tidak, faktor keamanan dan kenyamanan ban akan berkurang dikarenakan kembangan sudah terkikis,” kata Jimmy.

Ban merupakan komponen penting dalam kendaraan dan berpengaruh pada keselamatan. Jangan menunda untuk mengganti ban yang botak, terutama di musim hujan seperti saat ini.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X