Jangan Marah saat Ditegur ''Dudukin'' Vespa Klasik, Ini Alasannya

Kompas.com - 23/02/2020, 17:22 WIB
Motor Vespa klasik dipamerkan saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (29/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO KRISTIANTO PURNOMOMotor Vespa klasik dipamerkan saat ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2017 di JI Expo, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (29/4/2017). Ajang pameran otomotif terbesar di Indonesia ini akan berlangsung hingga 7 Mei mendatang. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO
|


JAKARTA, KOMPAS.com - Jangan kesal kalau melihat pemilik Vespa klasik menegur Anda atau orang lain ketika menduduki motornya saat sedang diparkir atau standar dua, sebab hal itu ada alasannya.

Disebutkan Firdaus Ali, pemilik Vespa tua, sering menduduki motor dalam keadaan terparkir membuat umur standar cepat rusak. Sebab standar merupakan satu satunya pijakan sedangkan bobot Vespa cukup berat.

Baca juga: Mitos atau Fakta, Beli Vespa Tua Bisa Buat Investasi?

"Soalnya standar sudah menopang bobot Vespa yang berat, besi semua, kalau ditambah orang, standar nanti tidak pada posisi semestinya. Beda dengan motor Jepang yang bobotnya lebih enteng," katanya kepada Kompas.com, Minggu (23/2/2020).

Vespa klasik sedang direstorasi.Kompas.com/Donny Vespa klasik sedang direstorasi.

Selain mempercepat umur standar, kebiasaan menaikin motor saat sedang di parkir tersebut juga bisa membuat dek jadi melengkung meski hal tersebut tidak instan

"Itu bisa terjadi kalau sering didudukin, dan yang duduk itu gemuk atau besar," katanya.

Karena itu kata Daus, penggilannya, jangan marah kalau ada pemilik Vespa menegur orang yang menaiki motornya lama-lama saat sedang diparkir.

Baca juga: Komunitas Vespa Indonesia Diakui Sampai ke Manca Negara

"Saya biasanya kasih tahu pelan-pelan. Tapi sedikit susah kalau diparkiran, kadang orang kan tidak tahu imbasnya, ditambah kalau Vespanya bagus, jadi banyak yang dudukin hanya untuk sekedar foto," katanya.

Bambang atau yang akrab disapa Om Beng, pendiri Indonesia Vespa Days, mengiyakan komentar Daus, menurutnya dek bisa melengkung kalau sering diduduki.

"Sebenarnya iya karena saat Vespa diduduki dalam keadaan standar berdiri akan berakibat dek Vespa melengkung," kata Om Beng.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X