Beda Istilah Modifikasi dan Kustom

Kompas.com - 23/02/2020, 14:01 WIB
Protechnic Moto Foto: IstimewaProtechnic Moto
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama-sama memiliki arti mengubah agar berbeda dari versi standar, namun di dunia modifikasi ada perbedaan pengertian antara modifikasi dan custom atau disebut kustom.

Merujuk pada pengertian Kamus Besar Bahasa Indonesia, modifikasi ialah pengubahan atau perubahan. Sedangkan custom dalam bahasa Inggris jika diterjemahkan yaitu 'dibuat menurut pesanan.'

Baca juga: Mobil dan Motor Modifikasi Wajib Lapor, Pelanggar Didenda Rp 24 Juta

Yamaha XSR155 bergaya flat tracker garapan Katros GarageDok. Katros Garage Yamaha XSR155 bergaya flat tracker garapan Katros Garage

Ari Supriyanto, punggawa Protechnic Motor, bengkel kustom asal Rempoa, Tangerang Selatan, mengatakan, secara umum perbedaan pengertiannya yaitu kustom sudah pasti modifikasi, tapi modifikasi belum tentu kustom.

"Kalau di kustom lebih khusus, lebih spesifik tapi juga lebih luas. Dalam arti begini, motor kustom, pembuatnya bukan cuma mengubah, tapi bisa bikin sendiri, bahkan bikin motor dari nol," katanya kepada Kompas.com, Sabtu (22/2/2020).

modifikasi motor ceperKompas.com/Fathan modifikasi motor ceper

Baca juga: Bicara Modifikasi Motor yang Membahayakan Keamanan Berkendara

Sedangkan modifikasi menurut Ari, modifikasi bisa dilakukan dengan banyak cara yang pada dasarnya mengubah dari kondisi standar tapi berbeda konteksnya.

" Modifikasi misalnya, saya beli Ninja 250 terus kaki-kakinya saya modifikasi jadi lebih kekar, saya bisa pakai punya aftermarket atau motor lain untuk terlihat beda, ubahan juga tapi arahnya berbeda," kata Ari.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X