Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/02/2020, 14:01 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sama-sama memiliki arti mengubah agar berbeda dari versi standar, namun di dunia modifikasi ada perbedaan pengertian antara modifikasi dan custom atau disebut kustom.

Merujuk pada pengertian Kamus Besar Bahasa Indonesia, modifikasi ialah pengubahan atau perubahan. Sedangkan custom dalam bahasa Inggris jika diterjemahkan yaitu 'dibuat menurut pesanan.'

Baca juga: Mobil dan Motor Modifikasi Wajib Lapor, Pelanggar Didenda Rp 24 Juta

Yamaha XSR155 bergaya flat tracker garapan Katros GarageDok. Katros Garage Yamaha XSR155 bergaya flat tracker garapan Katros Garage

Ari Supriyanto, punggawa Protechnic Motor, bengkel kustom asal Rempoa, Tangerang Selatan, mengatakan, secara umum perbedaan pengertiannya yaitu kustom sudah pasti modifikasi, tapi modifikasi belum tentu kustom.

"Kalau di kustom lebih khusus, lebih spesifik tapi juga lebih luas. Dalam arti begini, motor kustom, pembuatnya bukan cuma mengubah, tapi bisa bikin sendiri, bahkan bikin motor dari nol," katanya kepada Kompas.com, Sabtu (22/2/2020).

modifikasi motor ceperKompas.com/Fathan modifikasi motor ceper

Baca juga: Bicara Modifikasi Motor yang Membahayakan Keamanan Berkendara

Sedangkan modifikasi menurut Ari, modifikasi bisa dilakukan dengan banyak cara yang pada dasarnya mengubah dari kondisi standar tapi berbeda konteksnya.

"Modifikasi misalnya, saya beli Ninja 250 terus kaki-kakinya saya modifikasi jadi lebih kekar, saya bisa pakai punya aftermarket atau motor lain untuk terlihat beda, ubahan juga tapi arahnya berbeda," kata Ari.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com