Banyak Orang Kaya yang Beli Mobil dengan Kredit, tapi...

Kompas.com - 23/02/2020, 13:22 WIB
Toyota Alphard Hybrid, menjadi salah satu MPV premium berteknologi hybrid terlaris di Indonesia saat ini. KOMPAS.COM/Agung KurniawanToyota Alphard Hybrid, menjadi salah satu MPV premium berteknologi hybrid terlaris di Indonesia saat ini.
|

TANGERANG, KOMPAS.com - Pembelian mobil baru bisa dengan dua cara yaitu tunai dan kredit atau mengangsur. Kredit pun punya pilihan masa pembayaran atau tenor, sehingga diklaim tidak memberatkan konsumen.

Namun rupanya, konsumen mobil mewah biasanya tidak mau mengambil tenor panjang. Berbeda dengan dengan mobil-mobil kelas menengah dan bawah yang banyak mengambil cicilan panjang.

Baca juga: Skema Kredit Mazda CX-30, Tersedia Bunga Nol Persen

Seperti disebutkan Head Sales Area 1 Toyota Astra Finance, Argha Fachsa, orang kaya lebih banyak memilih tenor pendek saat membeli mobil mewah dengan rata-rata maksimal tenor hanya satu tahun.

"Faktanya yang segmen kendaraan menengah ke bawah banyak main di tenor panjang. Sementara yang mewah, rata-rata kreditnya hanya satu tahun, sampai maksimal tiga tahun," katanya belum lama ini di BSD, Tangerang.

Argha mengatakan, konsumen di segmen ini sangat jeli soal harga dan besaran bunga dari kendaraan yang dibeli. Sebab semakin lama angsuran maka semakin besar pula bunga yang ditanggung.

Honda Gold WingKOMPAS.com / Gilang Honda Gold Wing

"Mereka kan banyak yang hitung ya. kalau misalkan saya ambil segini (tenor) tertentu maka habisnya (totalnya) berapa itu dilihat. Beda dengan konsumen mobil menengah ke bawah," katanya.

Baca juga: Beli Mobil di Acara Ini Bisa Dapat Bunga Kredit Nol Persen

Tak hanya di mobil, pola pembelian tersebut juga berlaku untuk sepeda motor besar alias moge yang harganya tak murah.

Seperti diungkap Margono Tanuwijaya, CEO FIFGroup, payung dari FIFAstra lembaga pembiayaan khusus motor Honda, yang mengatakan 80 persen pembeli Honda Gold Wing melakukan transaksi tunai.

Padahal motor cruiser itu punya banderol tidak murah, yakni lebih dari Rp 1 miliar. Margono mengatakan, konsumen di segmen ini memang spesifik, segmentasinya bahkan di atas konsumen mobil.

"Karena begini yang beli Gold Wing itu adalah orang yang sanggup beli motor Rp 1 miliar. Segmen pembelinya itu bisa lebih tinggi ketimbang orang yang beli Toyota Fortuner," kata Margono beberapa waktu lalu.

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X