Cerita Mobil Perdesaan Disulap Jadi Truk Molen Sampai Dilirik Menperin

Kompas.com - 29/09/2019, 09:20 WIB
AMMDes Builder, mini mixer truck pemenang AMMDes Digimodz di IMX 2019. Kompas.com/DonnyAMMDes Builder, mini mixer truck pemenang AMMDes Digimodz di IMX 2019.

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari pertama Indonesia Modification Expo (IMX) 2019 dimeriahkan dengan pengumuman pemenang AMMDes (Alat Mekanis Multiguna Pedesaan) Digimodz. Setelah para peserta mengirimkan desain yang mereka buat, untuk pemenangnya, desain tersebut direalisasikan dalam skala 1:1.

Adalah Dandung Prasojo, desainer pekerja lepas asal Banyuwangi, Jawa Timur, yang menjadi pemenang dari kontes desain ini. Diberi nama AMMDes Builder, Dandung mengangkat konsep mini mixer truck untuk karyanya tersebut.

Baca juga: Tampil di TTG Nasional, AMMDes Dapat Pujian, Esemka Tuai Pesanan

"AMMDes yang ada sebelumnya, menurut saya, belum memperhatikan pembangunan. Saya ingin kalau di desa itu kan perlunya pembangunan atau mungkin renovasi bangunan-bangunan yang sudah rusak," ujar Dandung, kepada Kompas.com, di sela-sela IMX 2019, di Balai Kartini, Jakarta, Sabtu (28/9/2019).

AMMDes Builder, mini mixer truck pemenang AMMDes Digimodz di IMX 2019.Kompas.com/Donny AMMDes Builder, mini mixer truck pemenang AMMDes Digimodz di IMX 2019.

Dandung menambahkan, dengan AMMDes, maka pembangunan jalan dan bangunan di pedesaan bisa lebih terjangkau. Sebab, truk "molen" berukuran besar biasanya mengalami kesulitan dalam menjangkau daerah di pedesaan.

"Selain produk dalam negeri, AMMDes ini bentuknya sudah pas untuk pedesaan. Dia bisa melalui jalan-jalan di pedesaan," kata Dandung, menyebutkan keunggulan AMMDes.

Baca juga: AMMDes Jamilah Berhasil Pukau Menkes

Selain memodifikasi bagian belakang menjadi mini mixer, Dandung juga memberikan ubahan di bagian lampu depannya, agar terlihat lebih elegan.

AMMDes Builder, mini mixer truck pemenang AMMDes Digimodz di IMX 2019.Istimewa AMMDes Builder, mini mixer truck pemenang AMMDes Digimodz di IMX 2019.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, turut mengapresiasi AMMDes yang didesain oleh Dandung tersebut saat pembukaan IMX 2019.

"Jadi, modifikasi ini mendorong talenta-talenta muda untuk terus berkreasi, apalagi prototipenya dibangun oleh industrinya," ujar Airlangga.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X