Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Liputan Langsung dari Tokyo Motor Show 2017, Jepang

Xpander Diekspor, Ada yang Berubah?

Kompas.com - 28/10/2017, 10:22 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Tokyo, KompasOtomotif - Mitsubishi Xpander hadir di Indonesia setelah melalui proses pengembangan panjang. Mobil ini dibangun berdasarkan kebutuhan masyarakat Tanah Air akan kendaraan penumpang yang tangguh, modern dan sesuai kebutuhan.

Setelah memulai produksi di pabrik baru di Indonesia, pihak Mitsubishi Motors Corporation (MMC) berencana akan memulai rangkaian ekspor Xpander ke pasar Asia Tenggara. Lantas, apakah akan ada perubahan signifikan dari hal desain yang akan diterapkan ke produk tersebut saat dilepas ke luar negeri?

Soal ini dijawab langsung oleh Tsunehiro Kunimoto, Cooperate Vice President, Head of Global Design MMC dalam kesempatan di sela acara Tokyo Motor Show (TMS) 2017.

Mitsubishi Xpander.Ghulam/KompasOtomotif Mitsubishi Xpander.

"Tidak akan ada perubahan. Meski kendaraan ini dibuat berdasarkan selera masyarakat Indonesia, secara desain dan filosofi sudah sesuai dengan keinginan Mitsubishi. Sudah sesuai dengan wilayah ASEAN," ucap Kunimoto.

Baca : Saat Xpander Jadi Ambulans, Taksi, dan Mobil Polisi

Selama tiga tahun, tim pengembangan Xpander mencari beragam masukan dari masyarakat. Mulai dari perkotaan sampai ke pelosok untuk membuat Xpander yang saat ini diproduksi dari pabrik Mitsubishi di Cikarang, Jawa Barat.

Mitsubishi Xpander.Ghulam/KompasOtomotif Mitsubishi Xpander.

Salah satu ciri desain yang mewakili konsumen global adalah banyaknya kompartemen penyimpanan barang yang ada di Xpander. Tepatnya sebanyak 19 tempat penyimpanan yang dapat digunakan dalam MPV ini.

Baca Juga: Mitsubishi Eclipse Cross, Hati-hati Honda CR-V

Rencananya mulai tahun depan, Xpander akan diekpor ke Filipina dan Thailand. Langkah ekspor ini diperkirakan dilakukan pada Januari atau Februari 2018 mendatang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com