Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Transmisi Manual Xpander Agak Beda, Ini Kata Mitsubishi

Kompas.com - 18/10/2017, 17:22 WIB
Setyo Adi Nugroho

Penulis

Jakarta, KompasOtomotif - Model transmisi manual Mitsubishi Xpander memang cukup menarik. Berbeda dengan kebanyakan sistem transmisi manual lainnya, model transmisi ini mempunyai langkah tambahan untuk masuk ke gigi mundur atau reverse (R).

Untuk membuat mobil bergerak ke belakang, pengemudi harus mengingat posisi gigi mundur Xpander berada di posisi paling kiri. Berbeda dengan transmisi manual lainnya yang berada di kanan bawah.

Sistem ini banyak dikomentari netizen mengenai keamanannya. Terutama dengan konsumen yang selama ini menggunnakan sistem transmisi manual konvensional.

"Soal keamanan, ini lebih aman. Orang pertama itu cari safety. Lalu untuk prosesi mundurnya, pengemudi harus menarik cincin ke atas terlebih dulu baru bisa masuk ke gigi mundur. Tanpa proses itu pengemudi masuk ke gigi satu," ucap Boediarto Department Head Technical Service Department PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) saat dihubungi Rabu, (18/10/2017).

Baca : Mengapa Xpander Pilih Transmisi Otomatis Konvensional

Boediarto mengungkapkan untuk tambahan keamanan lain seperti bunyi yang menandakan gigi masuk ke arah mundur, saat ini belum ada. Namun dengan sistem kunci cincin yang disertakan sudah cukup untuk mengamankan transmisi tersebut.

Di sisi lain, Mitsubishi juga tidak serta merta memberikan produk tanpa membekali konsumen dengan pengetahuan dasar mengenai produk. Mereka telah melatih tenaga penjual untuk dapat menunjukkan fitur-fitur yang ada di produk MPV baru tersebut.

"Mereka wajib menerangkannya kepada konsumen dengan detail. Lagipula saat ini konsumen sudah dapat melihat bentuk produk transmisi manual di diler-diler terdekat karena sebelumnya banyak yang masih trasmisi otomatis. Disitu mereka bisa kenal lebih dekat dengan produk yang bertransmisi manual dan memutuskan untuk memilih transmisi mana yang diinginkan," ucap Boediarto.

Xpander dengan transmisi manual tersedia dalam tiga varian. Exceed M/T dibanderl Rp 214.550.000, GLS M/T dibanderol Rp 208.550.000 dan GLX M/T dibanderol Rp 189.050.000.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com