Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Periksa Alat Mounting Ban Serep Secara Berkala

Kompas.com - 24/06/2024, 10:42 WIB
Muh. Ilham Nurul Karim,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban serep merupakan komponen penting yang harus selalu siap digunakan dalam kondisi darurat.

Namun, bagi pengendara yang memiliki ban serep terpasang di luar mobil, seperti pada pintu belakang atau di bawah bodi kendaraan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan keselamatan dan keefektifan penggunaannya.

"Jika ban serep terpasang di luar mobil, pastikan terpasang dengan baik. Cek alat mounting (dudukan) berikut cara melepasnya, sehingga terbiasa dan tidak mengalami kesulitan dalam kondisi darurat," kata Fisa Rizqiano, Deputy Head of Original Equipment (OE) Bridgestone Indonesia, kepada Kompas.com akhir pekan lalu.

Baca juga: PO Kencana Siap Luncurkan Shuttle Khusus Wanita, Gambar Barbie

Fisa menekankan pentingnya memeriksa secara berkala alat mounting atau pengait ban serep untuk memastikan bahwa ban terpasang dengan aman dan tidak mudah lepas saat berkendara.

Selain itu, Fisa juga menyarankan pengendara untuk familiar dengan cara melepas ban serep dari alat mounting-nya.

Ban serep perlu dicek berkala untuk menunjang keselamatan berkendara saat terjadi situasi darurat.Suzuki Bali Ban serep perlu dicek berkala untuk menunjang keselamatan berkendara saat terjadi situasi darurat.

"Latihan untuk melepas dan memasang kembali ban serep adalah langkah yang bijaksana. Dengan begitu, pengendara tidak akan kebingungan atau kesulitan saat menghadapi situasi darurat di jalan," tambah Fisa.

Fisa mengingatkan bahwa penempatan ban serep di luar mobil membuatnya lebih rentan terhadap kerusakan akibat paparan elemen cuaca dan jalan. Oleh karena itu, pemeriksaan rutin terhadap kondisi ban serep dan alat mounting sangat diperlukan.

"Jangan lupa untuk memeriksa tekanan angin dan kondisi fisik ban serep secara berkala, serta pastikan tidak ada bagian yang berkarat atau aus pada alat mounting," jelasnya.

Baca juga: Demi Keselamatan Mobil Lain, Truk Wajib Pakai Bumper Belakang

Dengan memperhatikan semua langkah tersebut, pengendara dapat memastikan bahwa ban serep selalu dalam kondisi siap pakai dan aman.

"Keselamatan berkendara bukan hanya tentang bagaimana kita mengemudi, tetapi juga tentang seberapa baik kita mempersiapkan diri untuk situasi darurat. Ban serep yang terpasang dan berfungsi dengan baik adalah bagian penting dari persiapan tersebut," kata Fisa Rizqiano.

Dengan demikian, penting bagi setiap pengendara untuk selalu memeriksa dan memastikan ban serep dan alat mounting-nya dalam kondisi optimal, sehingga dapat menghindari kesulitan saat dibutuhkan di tengah perjalanan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com