Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai Video Pemilik PCX Kebanjiran, Bikin Tangki Berkarat

Kompas.com - 28/06/2024, 08:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Seorang pemilik Honda PCX 160 curhat di media sosial tentang kondisi motor. Terlihat pada unggahan akun @bangzhakimotor di Instagram, pemilik membuka tutup tangki yang berkarat sampai ke bagian dalamnya.

"Lagi-lagi terjadi pada Honda PCX 160 2021, karatan parah tutup tangki dan tangkinya, mohon pihak Honda gimana solusinya?" tulis pemilik akun di videonya, Kamis (27/6/2024).

Pada bagian keterangan, ditulis juga kronologi dari si pemilik motor. Disebutkan PCX 160 tersebut terendam banjir pada 14 Juli 2024. Keesokan harinya, motor dibawa ke diler Honda karena dia starter (menghidupkan mesin) motornya.

Baca juga: Begini Cara Mengetahui Mobil Bekas Pernah Terendam Banjir

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by bangzhaki (@bangzhakimotor)

 

"Setelah itu saya minta diperbaiki dan dibersihkan semuanya, takut masih ada air di dalam mesin atau tangki. Setelah dua pekan, tangki saya sudah berkarat parah," ucap pemilik akun.

Intinya pemilik motor kecewa karena sudah minta dibersihkan cuma akhirnya masih menimbulkan karat. Soal karat di tangki, salah satu penyebabnya memang dari air. Satu hal yang harus diperhatikan, walau ada tutupnya, tangki tetap bisa kemasukan air.

Baca juga: Pemerintah Belum Kasih Sinyal Soal Kenaikan Harga BBM Subsidi


Kompas.com sudah coba minta tanggapan ke pihak Astra Honda Motor. Cuma sampai berita ini tayang, belum ada respons terkait kejadian tersebut.

"Biasanya ada lubang hawa di bagian tangki. Ada karetnya biar air tidak masuk, tapi kalau terendam, akan rembes juga," ucap salah satu kepala bengkel AHASS yang tidak mau disebut namanya kepada Kompas.com, Kamis (27/6/2024).

Selain itu, jika sudah dibersihkan atau dikuras, saat motor sudah terendam banjir tidak bisa dijamin terbebas dari karat. Solusi paling akhir adalah dengan ganti tangki, biar masalah karat tidak muncul.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com