Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Review Lengkap BMW i5, Bahas Desain hingga Biaya Kepemilikan

Kompas.com - 28/06/2024, 13:41 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Maret 2024 lalu, BMW resmi meluncurkan model listrik dari sedan bisnis seri 5 yakni BMW i5. Mobil yang dibanderol dengan harga Rp 2,2 miliar ini sekaligus menjadi pelengkap lini electric vehicle BMW yang sudah dijual di Indonesia.

BMW i5 eDrive40 M Sport tidak hanya dibekali dengan tampilan sedan mewah namun juga teknologi dan fitur keselamatan yang cukup mumpuni untuk menunjang pengemudi dan penumpang saat berkendara.

Pertama dari sisi dimensi, BMW i5 memiliki panjang 5.060 mm, lebar 32 mm menjadi 1.900 mm, dan tinggi 1.515 mm. Jarak sumbu rodanya diperpanjang dari generasi sebelumnya menjadi 2.995 mm.

BMW i5 eDrive40 M SportKompas.com/Nanda BMW i5 eDrive40 M Sport

Tampak depan, BMW Seri 5 terbaru hadir dengan ciri khas double kidney grille yang dibuat menonjol ke depan, dibingkai dengan aksen bronze, serta dilengkapi dengan BMW Iconic Glow yang dapat menyala seperti di BMW i7.

Emblem BMW di kap mesin menggunakan tepi warna biru, ini menandakan bahwa varian tersebut merupakan kendaraan full listrik.

Untuk sektor pencahayaan BMW i5 menggunakan adaptive LED, elemen lampu disusun secara vertikal yang berfungsi sebagai sein.

Berlanjut ke bagian samping, BMW i5 terbaru tampak gagah dengan garis tegas yang memanjang. Side skirt berwarna hitam, door handle yang dipasang rata, serta angka 5 timbul di dasar pilar C semakin menarik perhatian.

BMW i5 yang hadir dalam trim M sport dilengkapi dengan spoiler M, pelek 20 inci M aerodynamic wheels 939 M Bicolour Black Grey serta M Sport brake dalam warna Dark Blue Metallic hadir sebagai standar.

Bagian belakang BMW i5 eDrive40 M SportKompas.com/Nanda Bagian belakang BMW i5 eDrive40 M Sport

Pada bagian buritan, BMW i5 hadir dengan lampu belakang berbentuk vertikal. Sementara di bagian bawah terdapat diffuser berwarna hitam yang cukup besar.

Desainnya hampir serupa dengan seri 5 bensin yang ada di global, hanya saja tidak ada knalpot mengingat mobil ini merupakan varian listrik.

Dari sisi interior, BMW i5 didominasi dengan warna hitam dan coklat, dengan tambahan aksen kayu di bagian dasbor serta bronze.

Kabin terasa premium dengan upholstery baru juga interior trim baru. Joknya dibalut dengan kulit, begitu pula dengan setirnya yang dilengkapi emblem M Sport. Pada bagian setir, logo BMW dikelilingi tepi berwarna biru, sebagai penanda bahwa mobil ini merupakan varian listrik.

Selanjutnya, untuk pengaturan setir tilt dan telescopic sudah elektrik. Tak hanya itu, bagian kursi pengemudi dan penumpang di depan juga sudah elektrik, sehingga meningkatkan kenyamanan saat berkendara.

Interior BMW i5 eDrive40 M SportKompas.com/Nanda Interior BMW i5 eDrive40 M Sport

Untuk urusan hiburan, mobil ini dibekali dengan layar head unit yang sudah menggunakan BMW Operating System 8. Layar tersebut sudah terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android i-Auto.

Sementara untuk pengemudi, informasi di balik setir diakomodasi oleh BMW Curve Display layar ganda. Mencakup head unit dan panel instrumen yang masing-masing berukuran 12,3 inci dan 14,9 inci.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com