Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mitos atau Fakta, Kaca Film Mobil Bisa Bikin Kabin Lebih Sejuk?

Kompas.com - 28/06/2024, 15:31 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

KLATEN, KOMPAS.com - Cuaca panas membuat pengguna mobil membutuhkan pendinginan udara kabin yang prima. Jika performa AC tidak optimal, sudah pasti kenyamanan selama berkendara menjadi berkurang.

Selain perlu merawat sistem AC, rupanya sebagian orang percaya bahwa memasang kaca film dapat membuat kabin lebih sejuk. Lantas, benarkah demikian?

Johni Pemilik John AC Cawas, Klaten, mengatakan kaca film tidak berhubungan secara langsung dengan sistem AC mobil, tapi perannya bisa membuat kabin lebih sejuk bukan sekadar sugesti.

Baca juga: Pakai Kaca Film yang Tepat Bisa Kurangi Hawa Panas


“Tidak hanya untuk menjaga privasi pengendara, kaca film juga menunjang kerja AC mobil dalam menyejukkan kabin mobil dengan meredam cahaya matahari yang masuk ke dalam kabin,” ucap Johni kepada Kompas.com, belum lama ini.

Johni mengatakan kaca film yang bagus dapat bekerja secara optimal menyejukan kabin mobil. Cahaya yang seharusnya masuk, ditahan oleh kaca film sehingga panasnya sebagian tidak masuk di dalam kabin.

Kaca film kan macam-macam kualitasnya, ada yang bagus, standar dan kurang bagus, tergantung dari fitur atau kemampuannya apakah bisa meredam panas atau hanya meredam cahaya,” ucap Johni.

Baca juga: Salah Satu Alasan Transmisi Matik Bunyi Jedug Usai Pasang Kaca Film

Sensasi berkendara BMW i5Kompas.com/Adityo Sensasi berkendara BMW i5

Johni mengatakan untuk kaca film yang biasa banyak diminati adalah yang standar, selain memperhatikan harga kualitas juga menjadi perhatian khusus.

“Jadi bukan hanya gelap, tapi perlu memperhatikan jenis kaca filmnya apakah punya kemampuan meredam panas atau tidak, sehingga sejuknya udara kabin bukan sekadar sugesti,” ucap Johni.

Jadi, pemasangan kaca film dengan jenis tertentu memang dapat membuat udara di dalam kabin mobil lebih sejuk karena panas sinar matahari dapat dipantulkan, bukan diserap.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com