Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AC Mobil Dingin Cuma Saat Cuaca Hujan, Ini Penyebabnya

Kompas.com - 28/06/2024, 15:12 WIB
Erwin Setiawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

SLEMAN, KOMPAS.com - Penurunan performa AC pada mobil dipengaruhi banyak faktor, karena sistemnya saling berkaitan mulai bagian kelistrikan, aliran freon dan kerusakan komponen utamanya.

Normalnya, AC mobil akan mampu membuat sajuk udara di dalam kabin mobil dengan berbagai kondisi cuaca. Namun, pada kondisi tertentu hanya akan sejuk bila sedang turun hujan.

Rupanya, fenomena tersebut bukan hal kebetulan melainkan menjadi salah satu tanda performa AC mobil sudah menurun. Simak penjelasan ahli berikut!

Baca juga: Sepele, Kebiasaan Ini Bisa Bikin AC Mobil Lebih Awet


Dewa, Pemilik Bengkel Spesialis AC Mobil Jogja, mengatakan AC mobil yang sehat tentunya mampu membuat udara di dalam kabin bagaimanapun kondisinya.

“Kondisi cuaca memang akan mempengaruhi kerja sistem AC, seperti ketika terik maka kompresor kemungkinan akan bekerja ekstra, durasi kerjanya bisa lebih lama karena harus melawan panas,” ucap Dewa kepada Kompas.com, Kamis (27/6/2024).

Dewa mengatakan kondisi sebaliknya juga berlaku, ketika cuaca hujan atau dingin maka kerja sistem AC akan lebih ringan karena target suhu kabin lebih mudah tercapai.

Baca juga: Kenali Tanda AC Mobil Bekas Masih Sehat

AC Mobil SuzukiSIS AC Mobil Suzuki

“Selain soal target suhu di dalam kabin, sistem pendinginan freon juga akan terjadi lebih baik, air dapat menjadi pendingin tambahan sehingga kerja sistem AC akan lebih ringan,” ucap Dewa.

Tapi, Dewa mengatakan ketika masalahnya justru AC akan dingin hanya ketika turun hujan maka itu menjadi tanda performa AC sudah menurun.

“Penyebabnya bisa karena jumlah freon kurang, kompresor lemah dan aliran freon terhambat, untuk menentukan bagian mana yang bermasalah maka diperlukan analisis oleh ahlinya menggunakan alat,” ucap Dewa.

Baca juga: AC Mobil Tak Dingin, Solusinya Cukup Tambah Freon?

Servis AC Mobil di Fortune AC, Cibubur. KOMPAS.com/Gilang Servis AC Mobil di Fortune AC, Cibubur.

Dewa mengatakan ketika freon kurang, maka perlu dilakukan pemeriksaan kebocoran AC sehingga bisa segera diperbaiki dan dapat mengembalikan performanya.

“Bila aliran freon tidak lancar maka bisa dipengaruhi oleh beberapa komponen seperti dryer kotor, kondensor pampat dan ada selang pampat akibat tertekuk atau kotoran,” ucap Dewa.

Bila masalahnya kotoran, Dewa mengatakan solusinya bisa dengan melakukan perawatan AC tanpa pembongkaran atau menggunakan metode flushing.

Baca juga: Embusan AC Mobil Tua Mendadak Panas, Cek Bagian Ini

AC mobil mengeluarkan embun dinginTangkapan layar AC mobil mengeluarkan embun dingin

 

Sementara bila kompresor lemah, Dewa mengatakan diperlukan mengukur tekanan selang high pressure menggunakan alat khusus untuk mengetahuinya.

Jadi, AC mobil dingin hanya ketika turun hujan memang karena adanya penurunan performa sehingga diperlukan perbaikan sistem AC.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com