Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dashcam Bisa Selamatkan Pengendara dari Kesalahpahaman di jalan

Kompas.com - 28/06/2024, 12:58 WIB
Selma Aulia,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Insiden kesalahpahaman di jalan raya seringkali terjadi, seperti yang beberapa waktu lalu di Jalan Bambu Larangan, Kalideres, Jakarta Barat, Sabtu (15/6/2024), ketika seorang ibu bersama anaknya tiba-tiba terjatuh di depan sebuah mobil yang melintas.

Masyarakat yang menyaksikan, mengira pengemudi mobil tersebut adalah penyebab kecelakaan. Namun, rekaman dashcam berhasil mengungkap kebenaran dan membebaskan pengemudi dari tuduhan tidak berdasar.

Baca juga: Perawatan Baterai Sulit, Mobil Listrik Bekas Sulit Terjual

Rizky, pengemudi yang terlibat dalam insiden tersebut dan menggunakan dashcam Dekka ini memperlihatkan kejadian yang sebenarnya dengan resolusi 4K.

Berkat dashcam tersebut, insiden terekam dengan jelas dan menunjukkan bahwa ibu dan anak tersebut jatuh bukan karena tertabrak mobil, melainkan karena gagal menaiki kendaraan bermotor yang sedang diparkir di tepi jalan.

Dashcam DEKKAdok. DEKKA Dashcam DEKKA

“Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalan, namun sekarang setidaknya kita memiliki bukti yang cukup bisa diandalkan,” ucap Rizky.

Adanya dashcam beresolusi tinggi ini, menjadi pengingat maraknya kasus kecelakaan palsu yang sudah ditargetkan di jalan-jalan tidak terpantau CCTV, dengan tujuan meminta tebusan.

Dengan rekaman berkualitas tinggi, setiap insiden bisa dianalisis dengan tepat, menghindarkan pengendara dari kesalahpahaman dan potensi kerugian yang lebih besar.

Sementara, Arianto Furiady, CEO PT Superspring produsen Dashcam Dekka menjelaskan, ada banyak keunggulan dari produk ini.

Baca juga: Cegah Rem Blong, Kapan Waktu Tepat Cek Angin Kompresor Truk dan Bus?

Dashcam DEKKADOK. DEKKA Dashcam DEKKA

“Dekka menawarkan complete-solution artinya harga yang kami tawarkan itu gratis biaya pasang, gratis memory-card, dan juga sudah termasuk hard-wire kit. Pembeli tidak perlu repot lagi mencari bengkel tempat pasang dan tidak ada biaya tersembunyi lainnya,” ucap Arianto.

“Kelebihan Dashcam Dekka ini memiliki harga terjangkau mulai Rp 900 ribuan untuk tipe 1 kamera, hingga Rp 2 jutaan untuk tipe 2 kamera resolusi 4K, tanpa ada embel-embel biaya tersembunyi karena sudah mencakup free pemasangan di lebih dari 51 kantor cabang PT SUPER SPRING, mendapatkan hardwire kit, dan free memory card,” kata Arianto

Selain itu, ada garansi selama 2 tahun, jika dalam masa garansi terdapat kerusakan, garansi ganti baru.

Baca juga: Tes Performa dan Konsumsi BBM Hyundai Palisade Signature AWD

Adapun tipe dan harga lengkap dashcam Dekka, sebagai berikut:

  • DK10 1 Camera: Free Memory 64 GB, harga Rp.999.000
  • DK20 2 Camera: Resolusi 2k, Free Memory 64 GB, harga Rp.1.999.000
  • DK40 2 Camera: Resolusi 4K, Free Memory 128 GB, harga Rp.2.499.000
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com