Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tes Performa dan Konsumsi BBM Hyundai Palisade Signature AWD

Kompas.com - 28/06/2024, 12:02 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Hyundai Palisade Signature AWD merupakan SUV bongsor dengan harga yang tembus Rp 1 miliar. Memakai mesin 2.199cc diesel dengan turbo, Palisade berikan performa dan konsumsi bahan bakar yang baik.

Soal tenaga, mesin diesel tersebut menghasilkan tenaga 198 TK di 3.800 RPM dan torsi 440 Nm di 1.750 RPM sampai 2.750 RPM. Torsi besar dan bisa diraih di putaran mesin yang relatif rendah.

Pada kesempatan kali ini, Kompas.com menguji performa Palisade AWD pakai alat yang berbasis GPS. Poin yang dihitung adalah akselerasi dari 0-60 Km per jam (Kpj) dan 0-100 Kpj.

Baca juga: Sensasi Nyetir Hyundai Palisade Signature AWD Dalam dan Luar Kota


Pengetesan dilakukan di area yang aman dan kosong, kondisi jalur cenderung rata. Hasilnya buat 0-60 Kpj, Palisade AWD memakan waktu 5,4 detik, sedangkan 0-100 Kpj, waktunya 10,9 detik.

Buat SUV bongsor yang bobotnya hampir dua ton ini cukup mumpuni. Mode yang digunakan Sport dan punya tarikan agresif, tapi tetap halus dan bisa dikendalikan.

Sedangkan buat konsumsi BBM, penguji mengetes dengan membawa Palisade ke berbagai destinasi. Jarak yang ditempuh sekitar 104 Km, melewati kondisi jalan macet di dalam kota dan tol dalam perjalanan dari Jakarta ke Bogor.

Baca juga: Apakah YECVT pada Nmax Turbo Bisa Bikin Hemat BBM?

Hyundai Palisade Facelift tipe Signature AWDKOMPAS.com/FATHAN Hyundai Palisade Facelift tipe Signature AWD

Mode yang digunakan penguji adalah Smart, di mana Palisade akan menyesuaikan dengan karakter pengemudi. Cara mengemudi cenderung santai, kadang kencang saat di tol dan menggunakan fitur seperti adaptive cruise control.

Hasilnya, berdasarkan pengujian Kompas.com, Palisade Signature AWD bisa mencatatkan konsumsi BBM 11,1 Km per liter. Hasilnya cukup baik, mengingat tenaga dan torsi buas, serta bobot mobil yang berat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com