Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Pajangan, Ini Fungsi Tombol Release di Tuas Transmisi Mobil Matik

Kompas.com - 14/03/2024, 08:31 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada tuas transmisi mobil matik model lurus atau straight, biasanya akan dilengkapi dengan sebuah tombol. Letaknya bisa berada di bagian atas atau bawah gagang knob.

Tombol tersebut punya fungsi sebagai pengaman, yang biasa disebut atau dikenal sebagai release button.

Kegunaannya untuk menjaga posisi tuas transmisi agar tak mudah pindah atau bergeser karena hal-hal yang tak disengaja.

Baca juga: Apa Beda Tuas Transmisi Mobil Matik Model Zig-zag dan Lurus?

Menurut Suparna, Kepala Bengkal Auto2000 Pramuka, release button digunakan ketika pengemudi akan memindahkan posisi tuas transmisi dari posisi P ke R. Sistem pengaman pada girboks akan bekerja untuk menjaga agar tak terjadinya hentakan.

Release button pada tuas transmisi mobil matikKOMPAS.com/STANLY RAVEL Release button pada tuas transmisi mobil matik

"Bila pengemudi mengoper perseneling tiba-tiba tanpa menekan tombol realese button, hentakan pada sistem transmisi bisa menyebabkan kerusakan komponen girboks seperti release bearing, kampas matik, dan pinion gear matik aus," ucapnya kepada Kompas.com, belum lama ini.

Kondisi bergesernya posisi tuas transmisi matik yang tak disengaja, sangat berbahaya, apalagi ketika mobil sedang berjalan. Kondisi tersebut akan membuat kerusakan yang fatal pada sistem transmisi.

Fungsi dari release button juga digunakan untuk memindahkan posisi ke gigi rendah. Dengan menekan tombol, pengendara bisa mengakses atau menggeser tuas dari D ke L atau 2 ketika dibutuhkan.

Baca juga: Persiapan Mudik, Fatalnya Abaikan Kondisi Ban Serep Mobil

"Saat mobil berjalan, tombol ini sering digunakan untuk memindahkan posisi ke gigi rendah 2 atau L. Tanpa dilengkapi release button sangat berbahaya, terlebih jika kecepatan di atas 60-80 kilometer per jam (kpj)," katanya.

Tuas transmisi matik Daihatsu Ayla R ADS CVTKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Tuas transmisi matik Daihatsu Ayla R ADS CVT

Beda halnya dengan tuas transmisi model zig-zag yang tak memiliki release button. Hal ini karena tiap perpindahan gigi sudah dibuat dengan jalur sendiri atau berjenjang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com