Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Knalpot Motor Matik Mengepul Asap Hitam, Apa Penyebabnya?

Kompas.com - 27/04/2024, 11:12 WIB
Daafa Alhaqqy Muhammad,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika dijumpai knalpot motor matik mengepul asap alias ngebul, pengguna patut curiga akan adanya beberapa kendala di combustion chamber atau ruang bakar.

Normalnya, ada dua jenis warna asap yang keluar dari knalpot, yakni hitam dan putih. Keduanya diakibatkan oleh dua hal berbeda, namun berkaitan dengan pembakaran.

Yusai, Pemilik Bengkel Spesialis New Cahaya Motor Racing, menjelaskan, asap berwarna hitam muncul jika motor mengalami detonasi, terjadi jika pengguna keliru memakai BBM.

“Kalau asap warnanya hitam, itu pembakarannya enggak bagus, enggak optimal. Biasanya salah pakai (jenis) BBM,” kata Yusai kepada Kompas.com di Jatinegara, Jakarta Timur, Sabtu (27/4/2024).

Baca juga: Daihatsu Kumpul Sahabat Bekasi, Nonton Band KOTAK Gratis Besok

Ilustrasi uji emisi motor di bengkel Honda AHASSKOMPAS.com/DIO DANANJAYA Ilustrasi uji emisi motor di bengkel Honda AHASS

Yusai mengatakan, asap hitam bisa saja terjadi jika konsumen keliru menggunakan bahan bakar dengan nilai oktan yang tidak ideal. Misalnya motor matik yang seharusnya menggunakan BBM oktan 92 diisi dengan BBM oktan 98.

Dia mengatakan, masalah ini tidak terlalu serius dan terbilang mudah ditangani. Hanya perlu membersihkan mesin dan menyesuaikan nilai oktan.

“Kalau motor matik ya main (pakai BBM dengan oktan) 92 saja, jangan tinggi-tinggi,” kata Yusai.

Jika proses servis sudah dilakukan, asap hitam pasti tidak ngebul lagi dari knalpot, tanda pembakaran sudah kembali normal. Pengguna juga tidak perlu lagi mengkhawatirkan kendala berkepanjangan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com