Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Ini Ciri Ban Mobil Sudah Minta Diganti | Klarifikasi Yamaha Soal Generasi Terbaru Nmax

Kompas.com - 14/03/2024, 06:02 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ban menjadi bagian mobil paling berat kerjanya karena sebagai penopang beban kendaraan secara keseluruhan.

Selain menopang beban, ban juga sebagai komponen pertama ketika mobil mendapat benturan dari jalan yang tidak rata. Maka dari itu, kondisi ban wajib prima sebelum mobil digunakan untuk perjalanan jauh serta bermuatan penuh seperti saat mudik.

Selain itu, All New Yamaha Nmax dikabarkan akan mendapatkan perubahan pada tahun ini. Skuter matik (skutik) bongsor tersebut sudah cukup lama tidak mendapatkan pembaruan.

Terakhir kali PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) melakukan perubahan pada Nmax adalah pada tahun 2019. Nmax berubah cukup drastis, baik dari segi tampilan maupun fitur.

Baca juga: Boleh Buka Puasa di Bus Transjakarta Selama Ramadhan

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Rabu, 13 Maret 2024

1. Ini Ciri Ban Mobil Sudah Minta Diganti

Ilustrasi ban mobil. Ban adalah produk turunan industri karet. PIXABAY/PUBLICDOMAINPICTURES Ilustrasi ban mobil. Ban adalah produk turunan industri karet.

“Benjol juga, itu bisa membuat kenyamanan berkendara berkurang karena berisik, kendaraan menjadi limbung, serta dapat mengurangi usia peredam kejut,” ucap Eko.

Lebih lanjut Eko menjelaskan peredam kejut yang terus menerus bekerja karena ban benjol akan mudah bocor.

Baca juga: Ini Ciri Ban Mobil Sudah Minta Diganti

2. Klarifikasi Yamaha Soal Generasi Terbaru Nmax

Yamaha NMAX 155 Connected/ABSKompas.com/Donny Yamaha NMAX 155 Connected/ABS

Memasuki tahun kelima, Yamaha belum pernah lagi melakukan ubahan yang signifikan terhadap salah satu keluarga Maxi Yamaha terlaris itu. Beberapa tahun belakangan ini, All New Nmax hanya mendapatkan penyegaran berupa warna baru.

Baca juga: Klarifikasi Yamaha Soal Generasi Terbaru Nmax

3. Video Pajero Sport Kena Diesel Runaway, Begini Cara Menghentikannya

Saat alami runaway, mesin diesel akan terus menyala walaupun kontak sudah pada posisi off.- Saat alami runaway, mesin diesel akan terus menyala walaupun kontak sudah pada posisi off.

Mobil diesel dinilai memiliki beberapa keunggulan, mulai dari torsi mesin yang besar hingga pembakaran bahan bakar yang efisien.

Namun, mobil diesel punya satu penyakit yang cukup menyeramkan, yakni diesel runaway. Ketika diesel runaway terjadi, mesin menyala dan putaran mesin tetap tinggi tetapi tidak bisa dimatikan lewat kunci kontak.

Baca juga: Video Pajero Sport Kena Diesel Runaway, Begini Cara Menghentikannya

4. Tapak Ban Masih Tebal tapi Usianya Sudah Tahunan, Apa Masih Layak Pakai?

tips membeli ban bekas untuk mobil, perhatikan kondisi fisik luar dalam pada bandrazenzigic/Freepik tips membeli ban bekas untuk mobil, perhatikan kondisi fisik luar dalam pada ban
Ban mobil umumnya akan mengalami penurunan kualitas seiring pemakaian. Semakin jauh jarak tempuh mobil maka potensi ban mengalami aus lebih besar karena bergesekan denan permukaan jalan.

Artinya, untuk mobil yang jarang dipakai bisa saja memiliki ban masih tebal dan kondisinya bagus meski usianya bisa saja sudah 10 tahun.

Baca juga: Tapak Ban Masih Tebal tapi Usianya Sudah Tahunan, Apa Masih Layak Pakai?

5. Setelah Punya Pedro Acosta, KTM Juga Incar Marc Marquez

Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Qatar 2024Dok. Gresini Racing Marc Marquez saat berlaga pada MotoGP Qatar 2024
KTM melalui Gasgas sudah memiliki pebalap yang sangat potensial, yakni Pedro Acosta. Tapi, tidak cukup sampai di situ, pabrikan asal Austria ini juga menginginkan Marc Marquez.

Tahun ini, banyak pebalap yang akan habis masa kontraknya. Bursa transfer diyakini akan segera ramai mulai dari pertengahan musim ini.

Baca juga: Setelah Punya Pedro Acosta, KTM Juga Incar Marc Marquez

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com