Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jorge Martin Tercepat di Sprint Race MotoGP Spanyol 2024

Kompas.com - 27/04/2024, 20:29 WIB
Ruly Kurniawan,
Stanly Ravel

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Jorge Martin berhasil jadi pebalap tercepat pada sesi Sprint Race MotoGP Spanyol 2024 yang berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol pada malam ini, Sabtu (26/4/2024).

Hasil tersebut diperoleh melalui perjuangan yang cukup sengit mengingat pada seri keempat MotoGP 2024 ini, persaingan semakin ketat dan banyak drama.

Sebab para pebalap tuan rumah seperti Marc Marquez, Alex Rins, Maveric Vinales, hingga Aleix Espargaro, dan Pedro Acosta juga ingin menyajikan hasil terbaik.

Baca juga: Hasil Kualifikasi MotoGP Spanyol 2024, Marquez Pole Position

 

Jalannya balapan

Jalannya laga Sprint Race MotoGP Spanyol 2024 berlangsung sangat sengit sejak lampu hijau menyala.

Pebalap dari KTM, Brad Binder langsung melesat dari posisi keempat memimpin jalannya balapan. Hal ini membuat Marc Marquez yang memulai di posisi teratas menempati peringkat ke-2.

Namun kondisi tersebut tidak berselang lama. Usai melewati tikungan ke-3, Jorge Martin langsung mendahului Binder sehingga posisi pada partai atas berubah menjadi Martin, Binder, dan diikuti Marquez.

Memasuki lap ke-2, Marquez kembali memberikan tekanan. Dia mengambil posisi Binder yang berada di depannya.

Baca juga: Alasan Kenaikan BI Rate Bisa Melemahkan Penjualan Mobil

Sementara nasib buruk terjadi pada Francesco Bagnaia. Ketika memasuki lap ke-3, dirinya terpaksa harus keluar arena karena bersenggolan dengan Binder. Akibatnya, sang juara bertahan tidak bisa mendapatkan poin.

Atas insiden itu, membuat Binder sedikit melambat sehingga dibalap oleh Alex Marquez. Sehingga posisi teratas pada putaran ke-3 sampai ke-5 menjadi Jorge Martin, Marc Marquez, dan Alex Marquez.

Binder sementara menempati posisi keempat dan terus memperkecil jarak ke adik Marc. Tetapi pada satu sisi, ia juga mendapatkan tekanan dari Enea Bastianini dengan selisih jarak 1 menit.

Baca juga: Ini Komponen yang Wajib Dicek Saat Beli Mobil Bekas

Tersisa lima putaran, persaingan perebutan posisi puncak pada Sprint Race MotoGP Spanyol 2024 semakin memanas antara Marc Marquez dan Jorge Martin. Kedua pebalap berkebangsaan Spanyol ini hanya selisih 0,5 detik saja.

Mereka berdua meninggalkan para pesaing dengan jarak cukup jauh, yaitu 1,050 menit. Membuat Alex Marquez dan Binder cukup sulit untuk mengejarnya.

Jelang akhir balap, drama kembali terjadi di mana membuat Binder, Bastianini, dan Alex Marquez mengalami crash secara bersamaan. Kala itu, mereka sedang merebutkan podium akhir alias peringkat ke-3.

Tidak berselang lama, Marc Marquez menyusul karena mengalami low side pada tikungan ke-9 lap ke-8. Dengan itu, secara otomatis Martin resmi menjadi pebalap tercepat pada Sprint Race MotoGP Spanyol 2024.

Sebab pesaing lainnya seperti Pedro Acosta dan Fabio Quartararo berjarak cukup jauh, yaitu sampai 3,2 menit. Kondisi tersebut terjaga hingga akhir balapan.


1. Jorge Martin - Pramac Ducati
2. Pedro Acosta - Red Bull GASGAS Tech3
3. Fabio Quartararo - Monster Yamaha
4. Daniel Pedrosa - Red Bull KTM
5. Franco Morbidelli - Pramac Ducati
6. Raul Fernandez - Trackhouse Aprilia
7. Marc Marquez - Gresini Ducati
8. Augusto Fernandez - Red Bull GASGAS Tech3
9. Miguel Oliveira - Trackhouse Aprilia
10. Joan Mir - Repsol Honda
11. Takaaki Nakagami - LCR Honda
12. Johann Zarco - LCR Honda
13. Fabio Di Giannantonio - VR46 Ducati
14. Jack Miller - Red Bull KTM
15. Alex Rins - Monster Yamaha
16. Lorenzo Savadori - Aprilia Factory

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com