Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bersaing dengan Mobil China, Tesla Potong Harga Jual Mobil

Kompas.com - 23/04/2024, 19:01 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

Sumber CarBuzz

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan mobil listrik asal Amerika Serikat (AS), Tesla Inc memangkas harga produk roda empat listrik berbasis baterainya di AS, Eropa, dan China sebagai strategi untuk menghadapi persaingan pasar.

Pasalnya dalam satu tahun belakangan, Tesla tengah menghadapi tekanan dari produk-produk China yang dijual dengan harga murah. Mengakibatkan profit atau pendapatan dari perusahaan Elon Musk ini mengalami penurunan.

Melansir Carbuzz, potongan harga jual tersebut mencakup Model Y, Model S, Model X, hingga Model 3 dengan kisaran yang beragam. Di pasar AS misalnya, rencana penurunan harga sebesar 2.000 dolar AS atau sekitar Rp 32,4 juta.

Baca juga: Senat AS Desak Joe Biden Hentikan Penjualan Mobil Listrik China

Ilustrasi logo Tesla.UNSPLASH/MILAN CSIZMADIA Ilustrasi logo Tesla.

Sementara di China, Model 3 turun sebesar 14.000 yuan atau setara Rp 31,3 juta menjadi 231.900 yan (Rp 519,5 juta). Pelanggan di Jerman juga mendapat keistimewaan serupa dengan Model 3 RWD.

Di samping itu, Tesla juga menurunkan harga teknologi Full Self Driving (FSD) dari 12.000 dollar AS menjadi 8.000 dolar AS saja, atau Rp 194,8 juta menjadi 129,8 juta.

Juru bicara Tesla menyampaikan, pemotongan harga juga akan diberlakukan di Afrika dan Timur Tengah. Namun saat ini perusahaan masih melakukan kajian supaya langkah strategis terkait tepat.

Baca juga: Tingkatkan Efisiensi, Tesla Bersiap PHK 15.000 Pekerja

Sebelumnya, Tesla dilaporkan mengalami penurunan penjualan secara global hingga 8,5 persen pada kuartal I/2024 meskipun Model Y masih mampu jadi mobil listrik terlaris dunia.

Perusahaan juga harus menghadapi ancaman kompetitor China seperti BYD, Nio, dan Li Auto yang mulai masuk ke kawasan pasar AS dan Eropa dengan strategi harga murah di bawah Rp 500 jutaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com