Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Pebalap Tes KTM, Pol Espargaro Dapat Jatah Wildcard di Gasgas

Kompas.com - 31/01/2024, 12:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pol Espargaro adalah salah satu pebalap MotoGP yang terdepak di musim lalu dan sekarang menjadi pebalap tes untuk KTM. Musim ini, Pol akan mendapat jatah untuk menjadi pebalap wildcard untuk Gasgas.

Gasgas merupakan anak perusahaan KTM, meskipun berstatus tim pabrikan, tapi motor yang digunakan adalah KTM RC16. Untuk itu, jika mendapat jatah wildcard, maka Pol akan melakukannya untuk tim Gasgas Tech3.

Baca juga: Alasan KTM Bawa GasGas ke MotoGP

KTM mendapatkan jatah enam wildcard di musim ini. Tapi, Pol disebutkan hanya akan mendapatkan jatah satu atau dua wildcard saja.

Pol Espargaro saat berlaga pada MotoGP Australia 2023Dok. @polespargaro Pol Espargaro saat berlaga pada MotoGP Australia 2023

"Ketika kami mendirikan Gasgas Factory Racing Team, jelas bahwa Pol masuk sebagai kapten dalam proyek ini dan kehilangan dirinya sebagai pebalap sedikit lebih awal adalah momen yang sulit," ujar Direktur Motorsport KTM Pit Beirer, dikutip dari Crash.net, Rabu (31/1/2024).

Beirer menambahkan, sekarang Pol sudah berkomitmen dengan tim. Pol mengatakan dengan jelas bahwa dirinya ingin berada di sana sebagai pebalap tes, mungkin melakukan satu atau dua kali wildcard. Tapi, yang utama adalah memberikan saran kepada para pebalap muda.

Baca juga: Tampilan Perdana Pedro Acosta di Gasgas Tech3 untuk MotoGP 2024

Pedro Acosta Gasgas Tech3gasgas.com Pedro Acosta Gasgas Tech3

"Maksud saya, apa yang lebih baik daripada memiliki pebalap motor hebat seperti itu di sisi Anda yang membuat tim lebih kuat?" ujarnya.

Pedro Acosta, pebalap rookie yang menggantikan Pol mengakui dengan adanya Pol dan Dani Pedrosa sebagai pebalap tes KTM, itu akan sangat membantunya beradaptasi dan meningkat di kelas MotoGP.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com