Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pedro Acosta Musim Depan Naik ke Gasgas, Geser Pol Espargaro

Kompas.com - 07/10/2023, 17:02 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim depan, MotoGP akan kedatangan pebalap rookie, yakni Pedro Acosta. Pebalap asal Spanyol ini akan masuk ke tim Gasgas Factory Racing Tech3 dan menggeser Pol Espargaro.

Acosta akan menjadi rekan setim dari Augusto Fernandez. Sementara Pol, tidak pindah ke tim lain. Adik dari Aleix Espargaro ini akan menjalankan peran baru sebagai pebalap tes.

Baca juga: Update Susunan Pebalap MotoGP Musim 2024

Menurut keterangan resmi dari KTM, sebagai induk perusahaan, Pol akan mengisi posisi krusial dan sangat penting untuk proyek Pierer Mobility Motorsport tahun depan.

Pedro Acosta saat berlaga pada Moto2 Valencia 2022Dok. @37pedroacosta Pedro Acosta saat berlaga pada Moto2 Valencia 2022

"Pol sangat dihargai atas komitmen dan pengalamannya, sejak hari pertama masuknya Pierer Mobility Group ke MotoGP hingga usahanya yang berdedikasi untuk kembali ke kompetisi setelah cedera yang dideritanya pada awal tahun 2023," tulis keterangan resmi KTM, dikutip dari Crash.net, Sabtu (7/10/2023).

Pol mengatakan, keputusan ini bukanlah keputusan sepihak. Sebaliknya, keputusan ini diambil bersama-sama dengan tim dan pabrikan.

Baca juga: Quartararo dan Marquez Kritik Jadwal Balap MotoGP Musim Depan

"Memang benar bahwa saya ingin melanjutkan balapan penuh waktu di MotoGP karena saya pikir saya masih memiliki kecepatan untuk menjadi yang terbaik," ujar Pol.

Pol Espargaro ikut meramaikan Goodwood Festival of Speed 2023CRASH.net Pol Espargaro ikut meramaikan Goodwood Festival of Speed 2023

"Tapi, kenyataannya adalah bahwa langkah yang akan saya ambil tahun depan dengan bergabung dengan tim tes dan membuat beberapa wildcard adalah hasil dari pemahaman antara kedua belah pihak, mengingat masalah kontrak yang dihadapi grup saat ini dan memikirkan kolaborasi jangka panjang untuk menjadikan Pierer Mobility Group sebagai referensi di Kejuaraan Dunia MotoGP!" kata Pol.

Pengumuman tersebut sekaligus mematahkan kemungkinan Pol kembali lagi ke Repsol Honda untuk mengisi bangku kosong yang ditinggalkan oleh Marc Marquez.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com