Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Anak di Bawah Umur Pengemudi Fortuner Tabrak Elf, Dua Orang Tewas | Penjual Knalpot Bingung Orang Pakai Knalpot Aftermarket Kena Razia

Kompas.com - 21/01/2024, 07:12 WIB
Janlika Putri Indah Sari,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Anak di bawah umur pengemudi Toyota Fortuner menabrak Isuzu Elf di Jalan Ahmad Yani, Kilometer 29, Kecamatan Landasan Ulin Banjarbaru, Kamis (18/1/2024).

Seorang gadis berinisial AJ (16) yang mengemudi Toyota Fortuner melaju dari arah Banjarmasin menuju Banjarbaru, menabrak Isuzu Elf yang hendak berputar arah, dikutip dari Kompas.com, Sabtu (20/1/2024).

Selain itu, komitmen kepolisian untuk memberantas pengendara sepeda motor yang menggunakan knalpot brong sebetulnya sudah dilakukan sejak lama, namun sejak beberapa waktu lalu semakin giat.

Sam, salah satu penjual suku cadang sepeda motor dari toko Sumber Jaya di Otista, Jakarta Timur, mengatakan, secara keseluruhan hal itu memang berdampak pada penjualan knalpot aftermarket. 

Berikut 5 artikel terpopuler di kanal otomotif pada Sabtu, 20 Januari 2024:

1. Anak di Bawah Umur Pengemudi Fortuner Tabrak Elf, Dua Orang Tewas

Ketika sopir tengah memundurkan Isuzu Elf yang punya dimensi bodi yang panjang, tiba-tiba dari samping muncul Toyota Fortuner dan langsung menabrak.

Akibat tabrakan tersebut, sang sopir Mirza Pebrianto dan seorang penumpang Hamidah tewas di tempat kejadian, sementara penumpang lainnya mengalami luka.

Baca juga: Anak di Bawah Umur Pengemudi Fortuner Tabrak Elf, Dua Orang Tewas

2. Penjual Knalpot Bingung Orang Pakai Knalpot Aftermarket Kena Razia

Sam, penjual suku cadang motor dari toko Sumber Jaya di Otista, Jakarta TimurKOMPAS.com/Gilang Sam, penjual suku cadang motor dari toko Sumber Jaya di Otista, Jakarta Timur

"Kalau saya sebetulnya sudah tidak jualan knalpot lagi, tapi spare parts. Ini banyak, tapi sebetulnya sedikit, karena sisa saja sudah sedikit yang nyari karena buat motor tua seperti (Suzuki) Thunder 125, terus (Honda) Mega Pro, sudah tak laku. Tapi buat toko-toko besar yang jualan buat Ninja 250 dan lainnya pasti terasa," kata Sam kepada Kompas.com, di Jakarta, Jumat (19/1/2024).

Baca juga: Penjual Knalpot Bingung Orang Pakai Knalpot Aftermarket Kena Razia

3. Bolehkah Menegur Seseorang yang Berkendara Sambil Merokok?

LUJ (41), tersangka penganiayaan saat dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolresta Denpasar, Sabtu (20/1/2024). LUJ ditangkap polisi usai menganiaya seorang pengendara sepeda motor karena tidak terima ditegur merokok sambil berkendara.KOMPAS.com/Yohanes Valdi Seriang Ginta LUJ (41), tersangka penganiayaan saat dihadirkan dalam konferensi pers di Mapolresta Denpasar, Sabtu (20/1/2024). LUJ ditangkap polisi usai menganiaya seorang pengendara sepeda motor karena tidak terima ditegur merokok sambil berkendara.

Seorang sopir mobil pikap berinisial LUJ (41), ditangkap polisi usai menganiaya seorang pengendara sepeda motor berinisial GH (39), di Jalan Imam Bonjol depan pintu masuk Masjid Muhamad, Denpasar, Bali, Kamis (18/1/2024) pukul 22.00 Wita.

Pengendara mobil menganiaya GH dengan pisau karena tak senang ditegur saat merokok sambil berkendara.

Baca juga: Bolehkah Menegur Seseorang yang Berkendara Sambil Merokok?

4. Video Viral, Mobil Diesel Diisi Bensin Oktan Tinggi untuk Campuran

Ilustrasi BBM, penyaluran BBM di SPBU.SHUTTERSTOCK/ANDRI WAHYUDI Ilustrasi BBM, penyaluran BBM di SPBU.

Mobil dengan mesin diesel normalnya diisi bahan bakar solar. Hal ini berkaitan dengan spesifikasi mesin yang memang didesain khusus untuk dapat membakar jenis BBM tanpa percikan bunga api.

Jenis BBM solar akan dikompres sampai pada tekanan tertentu lalu BBM akan dikabutkan pada waktu yang tepat. Maka pembakaran akan terjadi dengan sendirinya.

Baca juga: Video Viral, Mobil Diesel Diisi Bensin Oktan Tinggi untuk Campuran

5. Razia Knalpot Brong Sedang Ramai, Apa yang Membuat Suaranya Berisik?

Polrestabes Semarang menyita ratusan knalpot brong menjelang tahapan kampanye terbuka, Jumat (19/1/2024).KOMPAS.com/TITIS ANIS FAUZIYAH Polrestabes Semarang menyita ratusan knalpot brong menjelang tahapan kampanye terbuka, Jumat (19/1/2024).

Sedang ramai razia knalpot brong buat para pengguna motor. Penggantian knalpot termasuk pelanggaran lalu lintas, bisa membuat kendaraan tidak laik jalan.

Bahkan pihak Kepolisian mengklaim sudah menghancurkan lebih dari 400.000 knalpot brong belum lama ini. Lantas apa yang bisa membuat knalpot mengeluarkan suara yang berisik sampai masuk kategori brong?

Baca juga: Razia Knalpot Brong Sedang Ramai, Apa yang Membuat Suaranya Berisik?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com